3 Cara Menambah RAM Laptop yang Mudah Dilakukan

Semoga bermanfaat ya!

3 Cara Menambah RAM Laptop yang Mudah Dilakukan
Ram

Halo Mallvers, Pernahkah Kamu mengalami situasi di mana laptop tiba-tiba menjadi lambat setelah membuka beberapa aplikasi sekaligus? Kemungkinan besar, hal tersebut disebabkan karena RAM laptop Anda terlalu kecil. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Komponen ini bertugas menyimpan data sementara pada laptop atau komputer saat digunakan. Semakin besar kapasitas RAM pada sebuah laptop, Anda pun lebih leluasa membuka banyak aplikasi tanpa membuat laptop jadi lambat atau lag.

Walaupun RAM laptop Anda terbilang kecil, tetapi RAM merupakan komponen komputer yang paling mudah di-upgrade, lho. Tanpa perlu pergi ke jasa reparasi komputer, Anda bisa melakukan upgrading RAM laptop sendiri dengan berbagai pilihan langkah mudah. Yuk, cari tahu 3 cara menambah RAM laptop yang bisa Anda lakukan sendiri berikut ini!

1. Cara Menambah RAM Laptop dengan RAM Baru

Tahukah Anda bahwa RAM di laptop saat ini bisa diganti dengan RAM baru yang ukurannya lebih besar? Ya, mendapatkan spare part komponen laptopsatu ini memang terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang wajib Anda lakukan, yakni memastikan bahwa slot RAM tidak disolder permanen dan mengecek kompatibilitas laptop. Jika slot RAM pada laptop Anda disolder permanen, sudah jelas Anda tidak bisa mengganti dengan RAM baru. Sementara itu, pastikan juga ukuran maksimum RAM laptop tersebut, Pasalnya, jika laptop Anda hanya memberikan kapasitas RAM maksimum 8GB, tentu Anda tidak bisa memasang RAM 16GB di dalamnya. Apabila Anda sudah memastikan hal-hal tersebut, Anda pun bisa menambah kapasitas RAM laptop salah satunya dengan membeli RAM baru. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

  • Tentukan Ukuran RAM Baru

Setelah memeriksa kompatibilitas laptop, saatnya untuk menentukan ukuran RAM yang dibeli. Jika di dalam laptop ada dua slot RAM dan salah satunya sudah berisi RAM 4GB, sebaiknya slot yang kedua juga diisi dengan RAM 4GB agar performa laptop jadi lebih optimal.

Image result for ukuran ram

  • Pilih Sesuai Jenis

Kenali dulu jenis RAM yang dipakai laptop Anda. Perlu diketahui ada beberapa jenis RAM yang umumnya digunakan pada laptop, misalnya DDR2, DDR3, DD4, dll. Sesuaikan jenis RAM yang akan dibeli dengan jenis RAM laptop tersebut.

Image result for jenis ram

  • Perhatikan Transfer Rate dan Merek

Perhatikan pula transfer rate dari RAM yang akan dibeli. Kode transfer ratebiasa ditulis seperti PC 5600, PC 10600, PC 12800. Semakin besar angkanya, tentu semakin cepat RAM tersebut digunakan. Untuk laptop yang punya dua slot RAM, samakan kode transfer rate RAM baru dengan RAM lama. Usahakan juga memilih merek RAM yang sama.

Related image

2. Cara Menambah RAM Laptop dengan Tambahan Virtual Memory

Keterbatasan RAM juga bisa disiasati dengan penambahan virtual memoryVirtual memory merupakan memori tambahan yang diambil dari hardisk. Namun, penggunaan virtual memory sudah pasti akan mengurangi kapasitas hardisk tersebut. Berikut adalah cara menambah RAM laptop dengan penambahan virtual memory:

  • Masuk ke menu “Windows Explorer”.
  • Klik kanan di menu “My Computer”, lalu lanjutkan dengan klik “Properties”.
  • Pilih opsi “Advanced System Settings”.
  • Masuk ke tab “Advanced” lanjutkan dengan memilih tombol “Settings”.
  • Beralih kembali ke tab “Advanced”, dan klik tombol “Change” di bawah “Virtual Memory”.
  • Hapus checklist di opsi “Automatically manage paging file size for all drivers”.
  • Pilih partisi yang akan dipakai untuk menambah virtual memory dan input jumlah virtual memory yang diinginkan, seperti 2000 MB untuk initial sizedan 4000 MB untuk maximum size.
  • Klik “OK” dan silakan restart laptop Anda.

3. Cara Menambah RAM Laptop dengan ReadyBoost

Cara menambah RAM laptop selanjutnya yang bisa dilakukan tanpa harus mengganti RAM baru adalah dengan menggunakan ReadyBoost. Jika virtual memory mengandalkan hardiskReadyBoost meminjam kapasitas dari memori eksternal semacam flash diskSD card, dll. Berikut adalah panduan menambah RAM laptop dengan ReadyBoost:

  • Hubungkan memori eksternal yang akan dipakai, sebagai contoh flash disk.
  • Setelah muncul menu AutoPlay, silakan pilih “Speed up my system”. Namun, jika tidak muncul AutoPlay, klik kanan pada ikon flash disk lalu pilih “Properties”, lalu beralih ke tab ReadyBoost”.
  • Pilih opsi “Dedicate this device to ReadyBoost” untuk menggunakan semua kapasitas flash disk.
  • Klik tombol “OK”.

Nah, itulah serba-serbi cara menambah RAM laptop yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jika laptop Anda mulai melambat, tak perlu khawatir. Karena cara-cara di atas bisa menjadi solusi yang tepat untuk dilakukan. Apabila Anda ingin membeli RAM fisik pun, kini sudah tak sulit dilakukan. Karena banyak online marketplace, seperti Ayoomall.com, yang menyediakan pilihan RAM laptop dengan berbagai pilihan spesifikasi dan harga.