AYOOMALL MISTERI - KISAH DI BALIK HARI KASIH SAYANG (VALENTINE) PART 1

Bulan Februari diidentikan dengan Hari Valentine atau yang biasa kita sebut hari kasih sayang. Namun tahukah kamu, jika ternyata ada kisah kelam dibalik hari yang sering kita rayakan sebagai hari romantis. Ada beberapa versi dari cikal bakal Hari Valentine. Untuk cerita kali ini, author akan mengulas versi pertama dari beberapa versi yang ada.

AYOOMALL MISTERI - KISAH DI BALIK HARI KASIH SAYANG (VALENTINE) PART 1

Versi pertama yang akan kita bahas adalah perayaan Valentine berasal dari kelanjutan dari perayaan tahunan Lupercalia yang diadakan antara tanggal 13-15 Februari pada zaman Romawi Kuno.

Lupercalia sendiri adalah perayaan tahunan yang dilakukan untuk melindungi masyarakat Romawi Kuno dari serangan serigala. Namun ada juga yang menyebutkan jika perayaan ini dilakukan untuk meningkatkan kesuburan para perempuan.

Pada festival Lupercalia, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan. Salah satunya adalah pesta seks dan ekses seksual yang mereka katakan untuk menghormati Dewi Juno Februata yang akan membawa perhatian dan cintanya pada kaum muda.

Orang-orang akan mengorbankan seekor kambing dan seekor anjing, dan kulitnya akan dibaurkan pada wanita. Perempuan-perempuan muda akan berbaris untuk dipilih oleh laki-laki yang akan membauri mereka dengan kulit binatang tersebut dalam keaadaan naked baik laki-laki maupun para perempuan. Dipercaya bahwa para perempuan akan diberikan kesuburan. Namun ada beberapa yang menyebutkan juga bahwa sebelum dibauri, para perempuan akan dicambuki oleh para lelaki dengan cambuk yang berasal dari kulit hewan.

Festival ini berlangsung selama kurang lebih 150 tahun lamanya. Selama bertahun-tahun ada beberapa gereja Kristen yang mencoba untuk menghentikan Festival Lupercalia. Gereja tidak keberatan dengan festival untuk perayaan cintanya, tetapi tidak untuk kepercayaan pagan yang menolak Tuhan Kristen. Kemudian pada 496, Paus Gelasius I menghapuskan ritual pagan -Lupercalia, yang kemudian menggantinya dengan perayaan Valentine yang dirayakan oleh seluruh orang di dunia sampai saat ini.

******

Nah khusus di bulan Februari, author akan membahas tentang sejarah dibalik Hari Valentine dengan beberapa versi yang ada dan berbeda. Ternyata hari yang menyenangkan bagi setiap pasangan, merupakan hari kelam bagi para perempuan di masa itu ya gengs. Hmm untuk versi selanjutnya ditunggu di minggu depan ya! Selamat membaca.