Batu Akik Merupakan Salah Satu Kekayan Alam Indonesia

SIAPA yang tidak kenal dengan batu akik? Batu akik memiliki bahasa ilmiah yakni gemstone (batu mulia) atau precious stone (batu setengah mulia). Dari dulu sampai sekarang, macam macam batu akik sudah terdapat hampir diseluruh wilayah nusantara. Negara Indonesia sudah menjadi surga bagi para pecinta batu cincin. Bukan hanya diburu oleh kolektor dalam negeri, Tapi, kolektor batu mulia dari luar negeri juga sudah mulai masuk ke Indonesia.

Batu Akik Merupakan Salah Satu Kekayan Alam Indonesia

 

Batu akik sebetulnya mineral yang keterbentukannya dari pembetukan magma. Karena terbentuknya memiliki perbedaan tempat, kedalaman, dan pembekuannya, maka dari itu jenis dan warnanya beragam karena memiliki ikatan kimia yang beda di setiap batunya.

 

Pada Batu Akik yang mempengaruhi warna dan kekerasannya itu bisa dari temperatur keterbentukannya, komposisi kimia magma dan tekanan.

 

Beberapa tahun yang lalu, kegemaran masyarakat mengoleksi dan 'menggosok' batu ini mulai mewabah lagi setelah beberapa saat sempat tak pernah terdengar. Dimana-mana, hampir semua orang pasti membicarakan batu yang satu ini, mulai dari warna-warna batu tersebut sampai dengan harga pasarannya. Akibat Nge-trend nya batu ini, menjadikan trotoar yang biasa digunakan untuk berjalan kaki, kini beralih fungsi menjadi tempat berdagang batu akik.

 

| Baca Juga : ayoomall

 

Mungkin, di antara kalian sering melihat atau menemukan pemakai batu berwarna unik ini oleh kakek atau ayah kalian. Namun sekarang, dengan gencarnya media memberitakan tentang batu akik, membuat 'demam' ini meradang ke segala penjuru usia. Sekarang tak aneh lagi jika anak yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas, memakai batu alam tersebut untuk sebuah aksesori.

 

Dari macam macam batu akik yang ada di pasaran, ada sebagian jenis yang amat digemari oleh kolektor batu. Kolektor seperti ini biasanya mempunyai koleksi batu akik termahal yang paling langka.

 

Jenis Batu Akik Termahal yang Diburu Kolektor

Batu cincin sebenarnya mempunyai puluhan bahkan ratusan jenis batu yang berbeda. Namun, hanya sedikit batu permata yang memiliki harga mahal, dan sangat diminati oleh para kolektor batu. Berikut 10 jenis batu akik termahal yang diburu kolektor:

1.   Jenis Batu Akik Bacan Doko
2.   Jenis Batu Akik Kalsedon
3.   Jenis Batu Akik Kalimaya
4.   Jenis Batu Akik Safir
5.   Jenis Batu Akik Topaz
6.   Jenis Batu Akik Sungai Dareh
7.   Jenis Batu Akik Zamrud
8.   Jenis Batu Akik Kecubung Kalimantan
9.   Jenis Batu Akik Sulaiman
10. Jenis Batu Akik Merah Delima

 

Jenis Batu Akik dan Namanya yang Juga Terkenal

Selain dari batu mulia di atas, Indonesia masih memiliki banyak jenis batu yang cukup digemari oleh masyarakat. Seperti:

1.   Batu Akik Pirus
2.   Batu Akik Black Opal
3.   Batu Akik Tapak Jalak
4.   Batu Akik Combong
5.   Batu Akik Mani Gajah
6.   Batu Akik Bulu Macan
7.   Batu Giok Aceh
8.   Batu Bacan Palamea
9.   Batu Mata Kucing
10. Batu Biduri Bulan
11. Batu Akik Kecubung

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai jenis batu akik. Pada dasarnya batu akik ini memiliki banyak jenisnya dari mulai yang memiliki harga yang mahal sampai memiliki bentuk yang sangat indah.

Berharga atau tidaknya batu akik, hanya orang yang ahli akik saja yang menilainya. Karena sampai saat ini belum ada standar baku yang menentukan harga batu akik. Ini berbeda dengan emas atau intan, yang ada standar baik itu kualitasnya, yang bisa dilihat berapa karat dan kemurnianny

 

Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda semua dan memberikan wawasan yang lebih luas lagi. Dan untuk Kamu yang ingin Membeli atau membuat batu akik yang ada indah silahkan kunjungi Disini,