BEKSI - Tradisi Silat Betawi (maen pukul).  Olahraga, sehat jiwa dan berbudaya.

Beksi adalah salah satu warisan budaya betawi, olahraga bela diri yg biasa orang betawi kenal dgn sebutan "maen pukul", bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh dgn gerak olah tubuh sekaligus melestarikan budaya dan meneruskan amanah para leluhur orang-orang betawi tempo dulu.

BEKSI - Tradisi Silat Betawi (maen pukul).  Olahraga, sehat jiwa dan berbudaya.
(Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/rumahwarna-studio/)


Seni bela diri Beksi adalah silat khas Betawi yang memadukan seni, keindahan, kekuatan, kecepatan, serta ketepatan dalam mencapai sasaran (lawan). Silat Beksi adalah salah satu aliran silat khas Betawi yang masih eksis hingga kini. Jika kebetulan Kamu tertarik atau ingin menekuninya, Kamu tak hanya melestarikan budaya, tetapi juga bisa mendapatkan manfaat sehatnya.

 

Karena manfaatnya yang begitu luar biasa, Silat Beksi banyak sudah diminati tidak hanya oleh kalangan pria. Terlihat di antara banyaknya wanita, Remaja dan Anak-anak.

 

Ada 5 fungsi utama dari olahraga Silat Beksi.

1. Dari luar dulu, untuk otot, sendi, tulang, saraf yaitu disehatkan dan dikuatkan.

2. Sistem sirkulasi darah, pernapasan, organ dalam tubuh semua disehatkan.

3. Untuk postur tubuh, kalau postur tubuh kita baik maka optimal kerja akan lebih bagus.

4. Untuk relaksasi dan detoksifikasi.

5. Beksi itu menenangkan jiwa.

 

Tidak sekedar menjadi olah tubuh, tapi juga jiwa ada beragam manfaat Silat Beksi untuk kesehatan. Jika masih merasa enggan mempraktikkan Silat Beksi, mungkin daftar manfaat berikut ini dapat membuat Kamu berubah pikiran.

  • Meningkatkan refleks tubuh
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Menambah massa otot
  • Mempertahankan berat badan ideal
  • Meningkatkan stamina dan keseimbangan
  • Mengangatur Pernapasan
  • Menjaga Adab dan Tatakrama
  • Menjalin silaturahim
  • Amanah budaya

Ketika lelah dengan rutinitas harian kota besar yang membuat stres, Kamu merasa butuh sebuah olah tubuh rutin yang tidak hanya menyehatkan, tapi juga membuat Kamu lebih rileks, menjalin silaturahmi sekaligus ikut melestarikan budaya. BEKSI - Silat Betawi ini dapat menjadi salah satu jawabannya. Ilustrasi silat Beksi ini dibantu teman-teman rumahwarna sebagai pengguat artikel. Jika Teman-teman berminat ikut beksi : 
Bisa cari info ke Beksi Tradisional Haji Hasbullah 

PPS Beksi Tradisional H. Hasbullah

Jl. Ciledug Raya No.12C, RT.2/RW.3, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
0813-8708-0819