Cara Membangun Brand Awareness Lewat Media Digital

Melakukan brand awareness begitu penting bagi kesuksesan bisnis. Agar berhasil melakukannya, berikut strategi yang bisa kamu terapkan. 

Cara Membangun Brand Awareness Lewat Media Digital
Unsplash @Anthony Rosset

Saat keluar rumah dan menempuh perjalanan ke kantor, kehadiran billboard yang sudah wara-wiri di jalan memang dianggap menjadi hal yang biasa terjadi. Munculnya perasaan biasa terhadap paparan iklan yang dirasakan oleh masyarakat, jadi tantangan besar bagi marketers untuk selalu bisa memutar otak dalam menghasilkan iklan yang lebih menarik perhatian banyak orang. Sehingga untuk tetap bisa membuat brand berada di top of mind banyak orang, melakukan brand awareness jadi agenda penting dalam dunia pemasaran.

 

Secara garis besar, brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali sebuah brand, baik dari segi nama, logo, hingga tagline yang diciptakan, di mana semua hal tersebut sangat berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan bagi konsumen dalam pembelian. 

 

Di Indonesia sendiri, media digital menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan dalam membangun brand awareness. Hal ini sejalan dengan survei yang dilakukan GetCraf berkolaborasi dengan Snapchat pada 2018 mengungkapkan, online ads mampu menghasilkan konversi hingga 75% dalam menarik perhatian konsumen terhadap kehadiran sebuah brand. Itu artinya, media digital menjadi platform yang bisa digunakan dalam membangun brand awareness. Agar berhasil dalam membangun brand awareness, beberapa hal ini bisa dilakukan. 

 

1. Pilihlah media digital yang tepat

 

Instagram @higospot

 

Selain media sosial dan juga Google Ads, WiFi Advertising atau yang sering disebut WiFi Branding oleh beberapa orang jadi media digital yang tepat untuk membangun brand awareness. Ketersediaan fasilitas WiFi di hampir semua tempat dan menjadi fasilitas yang sering dicari oleh pengunjung kafe, memudahkan pihak brand membangun brand awareness

 

Setiap pengunjung yang ingin menikmati fasilitas internet di sebuah kafe, resto, hingga area publik, akan mendapat paparan iklan dari brand yang kamu milik sebelum bisa menikmati fasilitas WiFii. Sehingga strategi ini sangat membantu pihak brand atau marketers untuk mendapatkan impression yang jauh lebih tinggi.
 

2. Ciptakan komunikasi yang baik lewat konten

 

Unsplash @Blake Barlow

 

Konten menjadi seni berkomunikasi yang bisa dilakukan brand dalam menarik perhatian audiens. Namun, proses pembuatan konten ini tidak bisa dikatakan mudah, karena konten yang kamu ciptakan harus bersaing di tengah banyaknya konten iklan dengan niche bisnis yang sama. 

 

Melakukan riset dan paham seperti apa target audiens yang ingin diraih, jadi langkah penting yang perlu dilakukan oleh tim kreatif dalam membuat konten iklan yang ingin di publish. Di 2020 ini, ada beberapa tren konten yang bisa dicoba, mulai web series yang masih dilakukan banyak brand, menyajikan podcast, hingga konten yang bersifat personal lewat newsletter

 

 

Di Indonesia sendiri, pertumbuhan pengguna podcast mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh DailySocial bersama JakPut yang berjudul Podcast User in Indonesia pada 2018, 63% mengaku familiar dengan podcast dan 81% mendengarkan podcast dalam 6 bulan terakhir. Artinya, podcast memiliki peluang yang besar dan layak untuk dicoba sebagai strategi untuk meningkatkan brand awareness

 

3. Berkolaborasi dengan Influencer atau Selebgram

 

Instagram @higospot

 

Influencer atau Selebgram memiliki pengaruh yang besar untuk menarik perhatian banyak orang. Citra positif yang dibangun Influencer atau Selebgram, akan sangat membantu brand dalam menaikkan brand awareness

 

Carilah Influencer atau Selebgram yang sesuai dengan niche bisnis dan budget yang kamu miliki. Misalnya kamu sebagai brand yang bergerak di dunia kecantikan dan menyasar wanita berhijab, memilih Gita Savitri sebagai influencer yang akan diajak berkolaborasi bisa jadi pilihan yang tepat.

 

 

Meski followers Gita Savitri tidak mencapai 1M, tapi melihat engagement rate yang dihasilkan dari setiap postingan-nya bisa jadi pertimbangan untuk memilihnya dalam project yang akan dilakukan selanjutnya. 

 

4. Selalu update dengan tren

 

Unsplash @John Schnobrich

 

Dari tahun ke tahun perkembangan tren selalu berubah. Agar bisa membangun brand awareness dan menarik perhatian audiens, jangan pernah takut untuk mencoba dan mengikuti perkembangan tren yang sedang terjadi. 

 

Beberapa cara ini bisa kamu lakukan untuk membangun brand awareness dan menaikkan jumlah penjualan. Membangun brand awareness memang membutuhkan konsistensi yang tinggi, jadi jangan pernah berhenti untuk belajar dan menciptakan strategi lewat konten yang menarik di setiap iklan atau campaign yang dihasilkan. Selamat mencoba