Cara Memilih Hard Disk Eksternal Terbaik yang Awet, Bagus dan Berkualitas

Laptop atau Komputer yang kapasitasnya terlalu penuh bisa menurunkan performanya. Hard disk itu memang penting. Sebenarnya yang lebih penting adalah data di dalamnya. Hard disk bisa dibeli, tapi isinya, data di dalamnya itu banyak yang tidak akan tergantikan dengan uang berapapun.

Cara Memilih Hard Disk Eksternal Terbaik yang Awet, Bagus dan Berkualitas
(Sumber Gambar: bh photo video)

 

Hard disk bisa dibeli, mau harga murah sampai mahal sekali, itu tergantung berapa anggaran uang bebas yang bias digunakan tanpa mengganggu stabilitas ketahanan ekonomi rumah tangga anda. Tapi isinya, data di dalamnya itu banyak yang tidak akan tergantikan dengan uang berapapun.

 

Semakin besar suatu hardisk, maka akan semakin banyak data yang dapat disimpan, dan makin banyak ruang bebas pada hardisk tentunya makin cepat loading komputer anda, dan itu berlaku sebaliknya. Secara umum, hardisk terbagi atas dua jenis, yaitu hardisk internal dan eksternal. Dan pada kesempatan kali ini yang kita bahas adalah mengenai hardisk eksternal.

 

Apa itu hardisk eksternal?

Hardisk eksternal ialah media penyimpanan data portable dengan rata-rata jumlah kapasitasnya cukup besar, lebih fleksibel bisa di bawa ke mana-mana layaknya flashdisk, serta dapat dihubungkan dengan laptop atau komputer dengan menggunakan kabel usb.

 

Nah buat anda yang ingin membeli hardisk eksternal ini, berikut kami rangkum beberapa panduan atau tips memilih hard disk eksternal yang bagus untuk kebutuhan anda menyimpan data dengan aman dan awet tidak mudah rusak.

 

1. Sistem Operasi

Sistem operasi OS X dan Windows menggunakan file sistem yang berbeda (HFS+ dan NTFS) sehingga kebanyakan manufaktur juga membuat HDD eksternal khusus untuk kedua platform tersebut.

 

Perhatikan pula sistem operasi pada hardisk eksternal yang digunakan. Anda harus menyesuaikan jenis perangkat yang anda gunakan. Karena setiap perangkat memiliki spesifikasi hardisk eksternal yang berbeda. Seperti antara MAC dan PC. Dimana spesifikasi hardisk eksternal untuk MAC, harus menggunakan HFS+. Tapi untuk spesifikasi Hard Disk Eksternal Terbaik untuk PC berbasis windows, ada cukup banyak variasinya. Sehingga anda harus memilih hardisk eksternal sesuai dengan sistem operasi.

 

Walaupun OS X dapat membaca file pada hard disk berformat NTFS, namun kamu tidak dapat mengedit atau menulis di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan di sistem operasi mana hard disk tersebut akan digunakan.

 

2. Kapasitas Hard Disk Eksternal

Selain itu perhatikan pula kapasitas hardisk eksternal. Jangan sampai anda memilih kapasitas hardisk eksternal yang lebih rendah dari hardisk internal anda. Sebagai referensi, hardisk eksternal kapasitas 1 TB bisa menjadi recommend yang tepat. Tapi pemilihan Hard Disk Eksternal Terbaik juga harus disesuaikan dengan jenis file apa yang akan anda simpan. Jika sebagian besar anda menyimpan software atau game maka pilihlah kapasitas hardisk yang berukuran besar yakni antara 500 GB sampai 1 TB. Namun mungkin hardisk ukuran besar ini harganya cukup mahal.

 

Untuk mengetahui berapa kira-kira kapasitas hard disk yang kamu butuhkan, coba gunakan perhitungan mudah ini: Sebuah hard disk berkapasitas 500 GB akan menampung sekitar 100 ribu foto yang diambil dengan kamera 6 MP dan 125 ribu lagu dengan kualitas MP3 128 Kbps. Foto dan musik yang berkualitas lebih tinggi tentu saja akan membutuhkan kapasitas lebih besar.

 

Dari perkiraan tersebut kamu harus bisa memperhitungkan berapa kapasitas yang kamu butuhkan sehingga kamu tidak membeli hard disk dengan kapasitas yang lebih rendah dari kebutuhan.

 

Sementara jika kamu memiliki uang lebih, maka sangat disarankan untuk membeli hard disk eksternal dengan kapasitas yang cukup besar karena pastinya akan kamu butuhkan suatu saat nanti. Kalau begitu cukup membeli hard disk eksternal dengan kapasitas kecil atau sedang? Tidak juga. Karena harga hard disk itu tidak linier dengan besaran kapasitasnya. Semakin besar kapasitasnya, harga yang anda bayar justru semakin rendah. Misalnya hard disk eksternal kapasitas 500 GB harganya sekitar 700 ribu, sementara yang 1 TB (2 kali lipat) harganya hanya 1 jutaan saja. Beda 300 ribu sudah mendapatkan 2 kali lipatnya. Kan? Kembalikan ke kebutuhan dan persediaan uang anda deh. Tidak usah memaksa.

 

3. Kecepatan rotasi Hard Disk Eksternal

Salah satu hal terpenting dalam memilih Hard Disk Eksternal terbaik yang bagus dan berkualitas, anda harus mengetahui kecepatan rotasi pada hardisk eksternal. Karena kecepatan rotasi ini sangat mempengaruhi kecepatan dalam membaca tulis datanya. Dimana semakin cepat perputaran rotasinya maka kinerjanya pun semakin baik. Salah satu contoh ukuran kecepatan rotasi terbaik adalah 7200 rpm. Bahkan saat ini sudah ada kecepatan rotasi hardisk sampai 15.000 rpm.

 

4. Konektivitas Hard Disk Eksternal

Jangan lupa juga perhatikan kemampuan konektivitas pada hardisk eksternal. Namun sayangnya hal ini sering terlupakan oleh orang dalam cara memilih hardisk eksternal terbaik. Padahal memperhatiakn konektivitas sengat berpengaruh terhafap kecepatan transfer data. Pastikan hardisk yang dipilih memiliki dukungan USB 3.0.

 

Sehingga proses transfer data menjadi lebih cepat dibandibgkan dengan support USB 2.0. USB 3.0 memiliki kecepatan transfer hingga 5 gbbs. Tapi ada juga yang lebih cepat dari USB 3.0 yaitu hardisk yang kenggunakan port thunderbolt. Namun harga hardisk eksternal dengan perangkat konektivitas ini harganya cukup mahal.

 

5. Keamanan Hard Disk Eksternal

Faktor keamanan adalah alasan utama kita memerlukan sebuah hard disk external bagus. Namun, beberapa hardisk eksternal menawarkan fitur keamanan yang berbeda. Ada yang hanya berfungsi sebagai “kotak penyimpanan” saja, ada pula yang secara otomatis mampu membuat file cadangan. Jika lebih aware dengan soal keamanan, carilah hardisk eksternal yang dilengkapi software untuk meng-enkripsi data yang tersimpan didalamnya atau dilengkapi password untuk membukanya.

 

6. Cover Hard Disk Eksternal

Cover Harddisk sangat dibutuhkan untuk Anda yang sering bepergian, sehingga membutuhkan keamanan lebih agar komponen perangkat keras seperti harddisk eksternal dapat tahan lama. Anda dapat menggunakan pelindung seperti, Cover Harddisk untuk melindungi harddisk eksternal anda dari kemungkinan terkena air, dan hal lain yang dapat mempengaruhi kinerja dari harddisk.

 

7. Fitur Hard Disk Eksternal

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika memilih Hard Disk Eksternal terbaik yang bagus dan berkualitas adalah fiturnya. Beberapa fitur yang wajib ada pada sebuah hard disk di antaranya adalah backup dan juga password protection. Terdapat juga berbagai macam fitur lain yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

8. Harga
Faktor lain yang harus kamu perhatikan sebelum membeli hard disk eksternal adalah harga. Setiap hard disk eksternal memiliki harga yang berbeda-beda. Hard disk eksternal dengan ukuran 1 TB biasa dijual dengan harga mulai dari 800 ribuan. Sedangkan untuk ukuran 2 TB atau di atasnnya, biasa dijual dengan harga di atas 1 jutaan.

 

Seperti itulah informasi mengenai Panduan tips cara memilih Hard Disk Eksternal terbaik yang awet, bagus dan berkualitas yang dapat disampaikan. Hard disk eksternal merupakam kompone komputer yang terbilang cukup penting, jadi jika anda berniat untuk membeli, maka pastikan anda membeli hardisk dengan kualitas terbaik.

 

Untuk referensi harga dan kualitas terbaik, bisa dilihat di sini