Cara Memilih Monitor Komputer Sesuai kebutuhan

Monitor komputer adalah salah satu komponen penting yang mempengaruhi performa kerja dan bermain. Tanpa monitor yang baik, mustahil buatmu untuk kerja, bermain game, atau menonton film dengan jelas dan nyaman di komputer.

Cara Memilih Monitor Komputer Sesuai kebutuhan
(Sumber Gambar: Image pc4u)

Jika kamu berencana akan membeli monitor computer, hanya alasan aspek visual yang dicari pastikan vga computer kamu cukup untuk mendukung kinerja monitor computer kamu. Wajib dipastikan bahwa performa yang dihasilkannya dari monitor computer kamu, tidak mengganggu aktivitas kamu bekerja, keperluan grafis, nonton atau main games

Setelah Teknologi Monitor CRT adalah monitor tabung, kita juga mengenal monitor LED, monitor ini bentuknya hampir sama dengan monitor LCD. Monitor LED menggunakan teknologi LED Backlight dan sangat hemat daya listrik dibandingkan LCD.

Sayangnya, monitor LED harganya jauh lebih mahal dibandingkan monitor lainnya. Monitor yang terakhir yang bisa kita pilih adalah monitor Plasma. Monitor ini menggunakan xenon untuk menciptakan pixel. Monitor Plasma memberikan gambar dengan kualitas yang sangat baik diantara monitor lainnya.

Monitor LED atau LCD bukanlah sebuah perangkat komputer yang paling banyak diperhitungkan sehingga banyak orang yang lebih memilih monitor murah tanpa memperhatikan spesifikasinya terlebih dahulu.

Jika Anda hanya menggunakan komputer untuk keperluan sehari-hari saja hal tersebut tentu tidak menjadi masalah. Namun jika Anda menggunakannya untuk bermain game, nonton film atau untuk kerja, maka Anda harus memperhitungkan terlebih dahulu kualitas monitor yang akan dibeli.

Hal tersebut sangatlah beralasan mengingat tampilan visual merupakan salah satu aspek terpenting dalam bermain game. Kualitas monitor yang kamu gunakan tidak hanya akan mempengaruhi keindahan tampilannya, tapi juga mempengaruhi performa anda dalam bekerja, nonton film atau bermain game tersebut.

 

Monitor LED
LED sendiri singkatan dari Light Emitting Diode. Teknologi yang digunakan tidak berbeda jauh dengan monitor LCD, mungkin bisa dibilang pengembangan lanjutan dari monitor LCD yaitu LED. LED memiliki lebih banyak variasi warna dari LCD. LED ini memiliki rasio kontras yang lebih besar dibanding dengan LCD maka warna yang dihasilkan akan lebih tajam. Dan kelebihan dari beberapa monitor LED ada yang bisa touchscreen, koneksi internet, dsb.

Bahkan monitor LED ini mampu menghemat daya sampai 75% dahsyat, sangat hemat listrik. Monitor LED sangat tipis, lebih tipis dari LCD sekalipun. Maka space/ruang yang diperlukan semakin sedikit alias tidak banyak makan tempat. Tampilan yang elite. elegan ini membuat isi rumah jadi mewah, namun harganya masih sangat fantastis sampai saat ini.

 

Monitor LCD

LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display. Monitor ini sangat mengejutkan saat rilis pertama kali, karena mampu berubah drastis dari monitor tabung menjadi monitor LCD. Gambar yang dihasilkan lebih tajam dari LED (tergantung kualitas, merk, harga) tapi ada syaratnya yaitu harus dilihat dari depan layar, jika kita lihat monitor LCD dari samping apalagi dari belakang tentu tidak akan terlihat. Tapi ketika kita lihat lurus dari depan gambar yang dihasilkan memang luar biasa, miring aja dikit ke samping jadi sedikit kurang jelas.

Monitor ini memanfaatkan cairan (berupa kristal) yang dialiri listrik untuk menampilkan gambar. Maka tidak heran pada layar LCD ketika ditekan pada monitor akan meninggalkan bekas. Banyak buku panduan / manual book ketika membeli monitor LCD menjelaskan bahwa layar tidak boleh ditekan saat merubah posisi.

Memang betul, karena ketika ditekan tentu akan meninggalkan bekas, lama hilangnya tergantung tekanan yang dilakukan. Atau bahkan tidak bisa hilang jika sangat keras menekannya. Hal ini juga bisa menyebabkan transistor terganggu. Jika transistor sudah lemah atau rusak maka biasanya akan muncul garis garis tipis pada monitor cenderung berwarna hitam. Berbeda dengan layar LED. Perhatian!
 

 

PILIH MANA?

Gak usah bingung, pikirkan kembali keperluan monitor ini untuk apa? Di mana? Seberapa penting? Dan budget juga perlu di intip. Keperluan bekerja? Rasanya tidak perlu menggunakan monitor terlalu berlebihan, monitor LCD saja sudah cukup tapi biar lebih keren dikit gak apa apa deh pake LED, itung2 irit listrik daripada CRT.

Di mana? Di mana monitor diletakkan? Di hadapan klien penting? Lebih baik monitor super canggih, awet, mewah. Agar para klien bisa menikmati presentasinya.Disarankan LED jika memang ada budget lebih.

Seberapa penting? Jika sering digunakan, sepertinya tidak perlu menggunakan LED. Kasihan juga layarnya di obrak abrik setiap hari. Monitor LCD saja sudah cukup.

Budget? Jika lihat budget tentu lebih baik CRT, tapi ambil jalan tengahnya saja. Pilih monitor LCD, sedikit lebih mahal dibanding CRT tapi kualitas dan hemat listrik lebih dibanding CRT. Harga LCD pun masih bisa terjangkau untuk perorangan.

Untuk bermain Game? LCD aja deh sob, pakai LCD lebih awet dipakai untuk gaming. Namun untuk genre game lainnya, pilihlah monitor dengan kualitas tampilan yang lebih baik. Namun ingat, jangan pernah memilih monitor LED atau LCD touch screen karena selain mahal, monitor tersebut kurang cocok untuk bermain game kelas atas.

Sudah tidak lagi ragu atau bingung lagi untuk membeli monitor komputer kan? Semoga bermanfaat!