Cara Mudah Jadi UI/UX Designer | Ini Dia Tool-toolsnya

Siapa sih yang gak mau kerja di start up unicorn? Yups, salah satu pekerjaan yang selalu dibutuhkan di perusahaan start up adalah seorang developer. Tapi gak usaha khawatir, karna sekarang banyak banget aplikasi tools yang dapat membantu pekerjaan seorang developer menjadi mudah dan cepat.

Cara Mudah Jadi UI/UX Designer | Ini Dia Tool-toolsnya

Sejak Indonesia memasuki industri generasi ke-4, setiap tahunnya jumlah pertumbuhan E-commerce dan Start Up terus berkembang. Profesi di bidang IT, terutama developer menjadi salah satu pekerjaan yang saat ini menjadi pekerjaan yang setara. Penghasilan seorang developer itu menakjubkan loh sebenarnya.

Menjadi seorang developer itu tidak mudah dan membutuhkan skill-skill tertentu dan memahami hal-hal rumit, seperti algoritma, matematika, dan lainnya. Tahap-tahapan development sebuah aplikasi dimulai dari perumusan masalah, analyst, design, implementation Design, Implementation, testing. Design yang dilakukan seorang User Interface (UI)/ User Experience (UX) adalah membuat sebuah tampilan aplikasi di web maupun di mobile. Saat ini pun sudah banyak sekali tools yang dapat mempermuda kerja seorang UI/UX. Berikut rekomendasi tools untuk membuat prototipe sebuah mobile app :

  1. InVision

Related image

InVision adalah alat prototyping yang berbentuk software atau aplikasi, cara menggunakannya pun mudah, sehingga dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat. Di InVision kalian juga dapat menyimpan, berbagi dan berdiskusi  langsung dengan tim. Untuk mempermudah penggunanya InVision juga memeliki blog dan aplikasi InVision tersedia di IOS dan windows.

 

  1. Marvel

Related image

Ini bukan Marvel dari kumpulan super hero yaa, ini adalag salag satu tool untuk membuat prototipe mobile app. Tool yang satu ini cocok banget buat digunakan untuk pemula, karna fitur didalamnya sangat sederhana dan mudah. Fitur-fiturnya pun sangat responsive dan multi fungsi, membantu seorang UI/UX membuat prototipe secara cepat. Marvel dapat terintegrasi dengan Jira ‘project tracker’ dan Slack platform untuk chat bisnis.

 

  1. Zeplin

Related image

Tool yang satu ini memiliki kelebihan yang hampir sama dengan marvel, hanya saja Zeplin tidak memiliki fitur untuk membuat prototipe langsung. Zeplin lebih berfokus untuk membuat flow dari prototipe itu sendiri. Zeplin biasa digunakan antara seorang UI/UX dan seorang developer (front-end) untuk mengsingkronasikan desain sebuah aplikasi.

 

  1. Sketch

Related image

Seperti tools yang lain, Sketch adalah aplikasi yang dapat mempermudah men-desain sebuah aplikasi mobile, website dan desktop. Sketch hanya tersedia di Mac OS, namun Sketch dapat diintegrasikan dengan banyak platform UI/UX lainnya. Di dalam Sketch juga tersedia yang Namanya plug-in, sama seperti yang tersedia di photoshop dan tentunya sangat membantu para desainer.

Dan masih banyak lagi tool-tools yang kalian dapat temukan dan pelajari untuk menjadi seorang UI/UX. Semoga informasi diatas dapat membantu, dan kalian bisa jadi bagian dari start up di Indonesia yaa.