Dokumen Rusak Karena Banjir, Yuk Ikut Program Arsip Nasional

Arsip Nasional (ANRI) memberikan pelayanan restorasi dokumen bagi para korban bencana banjir di Jakarta dan daerah sekitarnya. Enggak cuma itu, pelyanan ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Dokumen Rusak Karena Banjir, Yuk Ikut Program Arsip Nasional
Salah satu dokumen peninggalan masa lalu yang akan direstorasi ANRI
Dokumen Rusak Karena Banjir, Yuk Ikut Program Arsip Nasional

Setelah diterjang hujan hampir satu harian, Jakarta dan daerah sekitarnya kembali diterjang banjir besar. Berdasarkan catatan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatat genangan air berada di 470 titik dan mengakibatkan 19 ribuan warga mengungsi.

"Jakarta ada total 470 titik banjir, ada titik banjir kecil, ada juga titik banjir yang luas," kata Anies di Kawasan Monas, Jakarta, Rabu, (1/1/2020), demikian dikutip dari Kompas.com.

Kerusakan dokumen sudah tentu menjadi salah satu yang paling dikhawatirkan dalam bencana banjir yang berlangsung tepat di 1 Januari 2020 atau setelah perayaan malah pergantian tahun berahir. Rendaman air dapat mengakibatkan dokumen penting seperti ijazah, akta lahir, paspor dan dokumen lainnya rusak.

Untuk mengatasi itu, Arsip Nasional (ANRI) memberikan pelayanan restorasi dokumen bagi para korban bencana banjir di Jakarta dan daerah sekitarnya. Enggak cuma itu, pelyanan ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Program ini bernama Layanan Restorasi Arsip Keluarga (Laraska).

Lewat peralatan khusus, ANRI akan mereservasi dan meningkatkan aksesibilitas arsip statis yang memiliki nilai guna tinggi yang rusak salah satunya akibat bencana. Kok bisa sih?

Ya bisa dong. Dikutip dari laman ANRI, proses ini dilakukan dengan mengandalkan teknologi Vacum Freeze Dry Chamber yang merupakan bantuan dari Jepang.

Program Laraska ini dimulai tahun 2004 beberapa hari setelah tsunami menghantam Aceh dan Nias di akhir tahun itu. Pelayanan ini diberikan secara gratis kepada masyarakat.

Dikutip dari Kompas.com, Direktur Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Dr Kandar, mengatakan dokumen perlu untuk dijaga dengan baik, salah satu cara mudah yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah dengan mendigitalisasikannya.

"Kalau ada arsip yang rusak, kami siap melayani untuk membantu dan melatih dalam melindungi arsip," ujar Kandar, saat menjelaskan Laraska pada Masyarakat di Pasie Jantang, Aceh Besar, Aceh, Sabtu (7/12/2019) seperti dikutip dari keterangan tertulis BNPB.

Untuk mendapatkan layanan ini, masyarakat bisa datang langsung ke kantor ANRI di Jalan Ampera Raya Nomor 7, Jakarta. Atau dengan menghubungi nomor telepon (021) 7805851 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait pelayanan ini.

Nah, enggak perlu bingung lagi mengurusi dokumen yang rusak ya.