Fitnes, Olahraga paling efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat

Fitnes bukan lagi dibilang olahraga berat hanya untuk para lelaki saja. Tapi kini, perempuan pun dapat melakukannya untuk menjaga kebugaran tubuh, menurunkan berat badan, dan membentuk tubuh ideal. Olahraga fitnes juga bisa membuat bagian-bagian tubuh, seperti lengan, perut berotot.

Fitnes, Olahraga paling efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat

Di kota-kota besar sekarang ini sangat mudah menemukan tempat fitnes atau tempat nge-gym. Mulai dari yang harganya mahal sampai yang murah, yang berada di pusat perbelanjaan hingga yang ada di pinggir jalan.

Selain itu, sudah banyak tempat fitnes yang menawarkan promo-promo menarik. Contohnya untuk menjadi anggota atau member, kamu akan mendapatkan snack dan handuk saat pertama datang.

Jangan bingung buat kamu yang belum pernah fitnes sama sekali. Simak dulu tips memulai fitnes bagi pemula ini:

1. Cari Tahu Apa Tujuan Kamu Ikut Fitnes

Sebelum kamu memulai, cari tahu dulu apa tujuan dan motivasi kamu ikut olahraga fitnes, apakah supaya mendapatkan bentuk tubuh ideal, menurunkan berat badan, atau hanya sekadar ingin menyehatkan badan. Hal ini bisa menentukan gerakan-gerakan apa yang sesuai untuk bisa mewujudkan keinginan kamu.

Selain itu, kamu juga bisa fitnes sambil dipandu instruktur atau personal trainer yang sudah terlatih. Mereka akan membantu program kamu berjalan dengan baik, misalnya untuk mengecilkan perut, maka kamu akan diarahkan untuk latihan yang fokus pada bagian perut.

2. Atur Gaya Hidup

Fitnes sudah, nah paling penting lagi mulai mengatur gaya hidup kamu lebih sehat untuk mengimbanginya. Pasalnya kualitas hidup akan mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Terapkan pola makan yang sehat, seperti mengonsumsi makanan rendah lemak, di antaranya buah, sayur, daging merah, nasi merah, dan lainnya. Di samping itu, banyak minum air putih, dan kurangi begadang.

Hindari makanan berlemak  atau makanan yang mengandung lemak jenuh. Sebaiknya kamu juga mengurangi makanan cepat saji atau junk food karena makanan jenis tersebut sangat tidak sehat untuk dikonsumsi. Pola makan bisa diatur berdasarkan kalori, karena menurut salah satu personal trainer fitnes Alvin Hartanto, untuk mendapatkan tubuh yang indah dan sehat, seseorang tidak harus merasa kelaparan seharian hingga lemas. Tapi hanya perlu mengatur pola makan dan pola hidup yang jauh lebih baik dari sebelumnya dengan konsisten. 

3. Buat Jadwal dan Lakukan Secara Konsisten

Buatlah jadwal yang mencakup segala kegiatan, seperti fitnes, makan, istirahat, dan lain sebagainya. Tahukah kamu jika pola jadwal akan mempengaruhi seperti apa kehidupan kamu, baik secara kesehatan mental maupun fisik. Jadi sebaiknya, atur jadwalmu dengan baik. Contohnya saja jadwal makan, kamu harus sarapan dengan porsi yang sudah ditentukan pukul 7 pagi. Lalu pukul 10 pagi, konsumsi buah dan biskuit sebagai camilan ringan.

Dilanjutkan pukul 1 siang, makan siang dan begitu seterusnya hingga jadwal makan malam. Pastikan jadwal olahraga kamu masuk di agenda yang kamu buat. Sebaiknya atur pada pukul 4 sore, atau 8 pagi. Setelah jadwal disusun, lakukan dengan konsisten. Jangan biarkan jadwal tersebut sia-sia, tidak diimplementasikan sehingga program fitnes kamu gagal total.

Ada beberapa Kesalahan bagi Fitnes Pemula, yaitu:

1. Nyobain Semua Alat yang ada
2. Latihan Kelamaan
3. Tidak Pernah Nambah Beban
4. Tidak Ada Koneksi Otot dan Pikiran
5. Kebanyakan Membakar Lemak (Cardio)
6. Kebanyakan ngobrol dan main hape

Ada beberapa cara memilih tempat fitnes yang baik dan nyaman, yaitu:

1. Jika dana kamu sudah cukup untuk menjadi member di tempat fitnes, jangan langsung mendaftar. Tapi coba dulu datang satu kali ke beberapa tempat fitnes yang sudah masuk rekomendasi.

2. Perhatikan apa saja fasilitas, keuntungan, kerugian, serta pelayanannya. Perhatikan juga seperti apa lingkungan di tempat fitnes tersebut, karena bagaimanapun lingkungan sangat mempengaruhi kenyamanan kamu saat berolahraga. Bandingkan antara tempat fitnes satu dan lain yang sudah kamu coba.

3. Jika sudah menemukan tempat yang sesuai dengan keinginan dengan bujet yang sesuai, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai member di tempat tersebut.

Sehat Enggak Perlu Mahal

Apapun jenis olahraga, pada dasarnya menyehatkan. Kamu bisa memilih olahraga apa yang sesuai dengan minat dan bujet kamu. Tidak perlu mahal untuk bikin badan sehat nan bugar. Yang penting konsisten olahraga teratur, serta menjaga pola makan dan pola hidup sehat, jangan sampai kendur.