Jingle Penting Untuk Perusahaan Kamu

Jingle merupakan salah satu media menyapaikan pesan yang sangat populer. Pesannya diilustrasikan dengan voice atau suara. Jingle bisa berupa lagu dengan syair, musik tanpa syair, atau cuma ujaran biasa. Tujuannya agar mudah diingat orang.

Jingle Penting Untuk Perusahaan Kamu

Apakah Kamu mengetahui apa itu Jingle? mungkin bagi yang tidak berkecimpung dalam bidang ini akan bingung definisi sebenarnya dari Jingle itu sendiri maka saya akan menjelaskan sedikit mengenai Jingle.

Jingle adalah suatu gambaran dari sebuah iklan yang direalisasikan dalam bentuk musik.Di dalam suatu jingle harus terdapat makna atau pesan-pesan yang terkait dengan apa yang ingin di iklankan atau di promosikan.

Tetapi yang menjadi masalah adalah orang-orang sering kali menganggap remeh akan manfaat dari sebuah Jingle, yang ternyata secara tidak sadar bagus atau tidaknya suatu jingle akan berpengaruh terhadap minat seseorang terhadap produk tersebut.

Di sisi lain tidak sedikit pula orang-orang sangat memanfaatkan atau mempromosikan sesuatu atau sebuah produk jika mereka tahu seberapa pentingnya sebuah jingle maka mereka akan berusaha membuat suatu jingle sekreatif mungkin untuk menarik perhatian masyarakat.

Suatu Institusi, Perusahaan atau Universitas terkadang juga memiliki cara tersendiri atau sebuah strategi untuk mendapatkan sebuah Jingle untuk produknya dengan cara yang mudah.

Produsen iklan radio selalu mencoba yang terbaik untuk menghasilkan iklan radio. Jadi mereka membuat jingle iklan dan materi kata-kata yang kuat yang memiliki kemampuan untuk mendapatkan perhatian dari para pendengar sekaligus bisa menyerang perhatian mereka dari aktivitas-aktivitas saat mendengarkan Radio.

Jingle dan lirik cukup efektif menyampaikan pesan dari produk, bahkan jauh lebih lebih efektif daripada iklan yang hanya diucapkan (Radio Spot & Adlips). Kamu akan menggoyang-goyang kaki kamu dalam mengikuti musik yang ada, sementara pikiran kamu terbawa melody dan lirik, ini adalah cara berkomunikasi tersamar dalam yang kamu akan ingat, dan itu memberi kehidupan dan kepribadian untuk produk yang dianggap “benda mati”, dan akhirnya produk ini akan diingat lebih mudah ketika berhubungan dengan lagi.

Hebatnya, cara ini dapat membantu kita mengingat hal-hal itu selama lebih dari 20 tahun.

Manfaat Jingle bagi promosi Produk :

1. Membangun Pencitraan/Image Produk

Jingle memberi tambahan kekuatan image produk, lagu yang catchy yang akan membuat pelanggan kamu ikut bernyanyi saat mereka mendengar jingle kamu!

2. Biaya Efektif 

Dalam jangka panjang, jingle dapat membuktikan nilainya. Alih-alih membayar sejumlah besar uang setiap bulan untuk komersial baru, jingle kamu berjalan sendiri sepanjang waktu dan terus terkesan dalam benak pendengar.

3 . Pesan yang terpola dalam pikiran

Konsumen memerlukan rangsangan indera yang memicu untuk mengingat sesuatu, ketika mendengar sebuah susunan nada yang simpel namun menarik, maka akan masuk dalam ingatannya, kehadiran tata bahasa yang berbentuk lirik lagu akan lebih menambah kekuatan sebuah pesan.

Ketika seseorang menyukai lagunya, maka mereka akan hafal dengan liriknya. lagu jingle yang sangat menarik dan familiar, akan sangat sangat sulit untuk dilupakan.

4 . Mudah diingat

Terbukti banyak konsumen yang merasakan ketika sebuah lagu menarik yang terjebak di benaknya, maka sepanjang hari dia akan menyanyikan lagu itu meski dinyanyikan dalam hati (senandung) . Bayangkan saja ketika seorang pelanggan potensial kedapatan sedang bernyanyi tentang sebuah produk kamu sepanjang hari!

5 . Tak habis oleh waktu

Jingle telah dibuat orang sejak tahun 1923, tepat di saat Radio Komersial muncul ke publik . Banyak Jingle yang dibuat 20-30 tahun yang lalu yang masih kita ingat sampai sekarang , mari kita buktikan kepada kamu! Selamat berkarya.

Berikut ini contoh dari lagu jingle.

Itulah penjelasan mengenai Jingle, selanjutnya kamu memiliki perusahaan kamu dapat melakukan branding baik untuk produk maupun usaha bisnis kamu. Sehingga kinerja bisnis kamu akan terus berkembang. Untuk mendukung bisnis yang terus berkembang, perhatikan apa yang diinginkan customer, sehingga customer kamu loyal terhadap perusahaan kamu.