Keunggulan Motor Listrik

Berangkat dari suatu kebutuhan dimana isu mengenai pemanasan global terus didengungkan oleh para komunitas, lembaga, pemerintah dan bahkan oleh perorangan bahwa saat ini keadaan dunia sudah semakin mengkhawatirkan, terutama dikota besar. Beberapa produsen motor menangkap isu ini dengan mengeluarkan Motor Listrik.

Keunggulan Motor Listrik

Banyak faktor yang menyebabkan pemanasan global di Bumi ini semakin parah, namun tiga faktor terbesar adalah berasal dari polusi industri, efek rumah kaca dan juga dari asap emisi kendaraan.

Dengan latar belakang sebagai produsen otomotif, maka banyak Produsen Motor berfokus pada permasalahan polusi kendaraan sehingga kami ingin menghadirkan kendaraan baru yang ramah lingkungan. Mereka mengelurkan Motor Listrik yang ramah lingkungan.

Motor Listrik hadir dengan berbagai fitur dan kelebihan unggulan, salah satunya adalah energy/daya pada battery tidak akan terpakai ketika kendaraan dalam keadaan berhenti dan hanya mengkonsumsi sedikit daya ketika lampu utama dinyalakan. Tidak hanya hemat daya, efisiensi sepeda motor listrik dapat mencapai 90% bila dibandingkan dengan sepeda motor berbahan bakar fosil yang hanya mencapai 30%.

Motor listrik Sumber tenaganya menggunakan baterai berkapasitas 60 volt 20 Ah - 72 volt 20 Ah. Berkat baterai itu, motor listrik mampu menempuh jarak hingga 40-70 km/jam dengan kecepatan tertinggi 60 kpj. Kecepatan paling tinggi 50 kpj dan jarak tempuh tergantung dari beban pengendara dan juga kondisi jalanan.

Baterai Motor listrik untuk mengisian full waktu pengisiannyanya antar 5-7 jam dengan baterai Life 600-800 cycles dengan kapasitas Baterai 2 Kwh. Motor Listrik perawatannya sangat mudah, yang perlu diperhatian adalah baterainya. Bisa saja baterai cepat rusak karena sering diisi ulang mengingat masa hidup baterainya cuma mencapai 600 – 800 pengisian. Itu artinya dalam waktu 2 sampai 3 tahun harus melakukan penggantian baterai.

Sepeda motor listrik ternyata mampu menghemat biaya energi hingga 90 persen dibandingkan dengan penggunaan sepeda motor berbahan bakar bensin. Bahkan, kendaraan otomotif ini tergolong ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan asap dan suara bising. Teknologi ini diharapkan terus disempurnakan sebagai salah satu alternatif untuk adaptasi terhadap perubahan iklim dan hemat energi.

Beberapa jenis Motor Listrik Indonesia ditahun 2019:

1. Si Gesits Singkatan Garansindo Electrik Scooter ITS. 

Image result for motor listrik gesits
Pengembang Garasindo & Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Tenaga Listrik Memakai Baterai Lithium Ion berkapasitas 1.980 Wh. Pengisian baterei full sekitar 1,5-3 Jam. Jarak tempuh Maximum 80-100 km untuk sekali pengisian. Kecepatan Maximum 100 km/jam.  Kabarnya harga motor listrik asal Indonesia tersebut tak melebihi 20 Juta Rupiah. 

 

2. Viar Q1

Related image
Viar bekerjasama dengan Bosch untuk memproduksi komponen kelistrikan motor ini, jadi kita tak perlu meragukan kualitasnya. Desainnya juga terliaht stylish dengan bentuk bodi membulat yang cocok bagi kawula muda. 

Tenaga Listrik Memakai Baterai Lithium Ion berkapasitas 800 Wh. Pengisian baterei full sekitar 5-7 Jam. Jarak tempuh Maximum 60 km untuk sekali pengisian. Kecepatan Maximum 60 km/jam. 

Kabarnya harga motor listrik Viar Q1 di ayoomall harganya tak melebihi 18 Juta Rupiah. 

Jika ingin ikut partisipasi Menghemat energi salah satunya adalah menggunakan kendaraan bertenaga listrik.