KKN DI DESA PENARI | THE TRUTH OF STORY

Hello #mallvers, balik lagi sama minceu yang sudah lama tidak menulis. Kali ini minceu nulis yang lagi viral pastinya. Yup “KKN di Desa Penari”, cerita yang masih dipertanyakan keasliannya. Pasti kalian sudah pada baca bukan thread yang dibuat oleh seorang warga twitter yang emang udah sering banget membagikan cerita-cerita mistery yang katanya dia dapetin dari cerita orang-orang di sekitarnya. Sekarang mari kita bahas salah satu story yang viral dari dia.

Berawal dari sebuah tweet sebuah akun twitter yang bernama @SimpleM81378523. Sebuah akun yang memang sudah sering sekali menceritakan cerita-cerita misteri yang berasal dari cerita orang di sekitarnya. Awalnya mungkin sang pemilik akun ingin berbagi cerita dan memberikan kita suatu pesan, khususnya untuk para mahasiswa dan mahasiswi. Namun cerita tersebut langsung viral setelah salah satu Youtuber Indonesia, menjadikan ceritanya menjadi sebuah konten Youtube.

Mari kita bahas apa yang sebenarnya terjadi.

  1. Akun Twitter

Bergabung pada bulan Februari 2019, akun @SimpleM81378523 memang sudah kerap kali membuat thread yang bertemakan misteri. Jika kalian membuka akun tersebut, maka kalian akan disuguhkan dengan foto-foto yang menyeramkan dengan judul yang membuat kalian penasaran pastinya. Sampai saat ini, diketahui bahwa sang pemilik akun adalah seorang laki-laki yang memang gemar menulis. Bisa dibilang akun twitter ini sangat disenangi oleh sebagian besar warga twitter, terbukti dari banyaknya pengikut hanya dalam 7 bulan. Thread yang dibawakan oleh simple man memang sangat menarik untuk dibaca, tak heran jika banyak orang yang senang membaca thread dari akun ini. Apakah kalian berani membacanya? Kalau saran minceu, jangan baca thread dari simple man sendirian ya.

  1. Berawal dari 24 Juni

Cerita pertama dimulai pada tanggal 24 Juni, dimana simple man membuka dengan awalan yang membuat orang-orang penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Di awal simple man sudah menjelaskan bahwa dia mencuri dengar cerita ini dari teman ibunya yang memang mempunyai teman yang lintas usia (memiliki perbedaan usia yang cukup signifikan). Sampai akhirnya dia tertarik akan ceritanya dan mencoba bertanya kepada sang narasumber. Awalnya narasumber menolak dikarenakan tidak enak akan pihak-pihak yang terlibat, dan lagi cerita ini sudah terjadi cukup lama yaitu di tahun 2009. Namun simple man mengatakan akan merahasiakan semua pihak yang terlibat serta menyamarkan lokasi kejadian. Dan terciptalah kesepakatan akan kedua belah pihak yang akhirnya membentuk sebuah thread yang menjadi viral.

Dengan adanya ijin tersebut akhirnya pada tanggal 24 Juni 2019, simple man membuat awalan cerita menjadi sebuah thread. Dan berakhir pada keesokan harinya, yaitu tanggal 25 Juni 2019.

Dimulai darisanalah muncul kekepoan para netijen akan lokasi yang dirahasiakan oleh sang penulis.

"nang kota B, gok deso kabupaten K***li** , akeh proker, tak jamin, nggone cocok gawe KKN"

(di kota B, disebuah desa di kabupaten K*******, banyak proker untuk di kerjakan, tempatnya cocok untuk KKN kita)

"mboten mas. berhenti di jalur Alas D engken enten sing jemput"

(tidak mas, nanti berhenti di jalur hutan D, nanti ada yang jemput)

Kira-kira yang dimaksud si penulis itu dimana ya?

  1. 2 Versi Cerita

Setelah thread pertama yang diposting dari tanggal 24 Juni – 25 Juni 2019 ini sudah dibaca oleh banyak orang. Simple man membuat kembali postingan mengenai “KKN di Desa Penari” namun dibawahnya terdapat tulisan -Nur Story- yang merupakan cerita yang sama namun dari sudut pandang yang berbeda. Di thread pertama disebutkan bahwa sang tokoh utama bernama Widya, namun di cerita kedua tokoh utama adalah Nur, yang juga muncul di thread pertama. Bisa dibilang untuk versi Nur lebih detail daripada yang sebelumnya. Dan juga menurut minceu versi Nur lebih menegangkan dibandingkan versi Widya. Mungkin Nur yang sensitif dengan dunia lain membuat cerita makin menyeramkan. Di versi Nur, diceritakan bahwa dari awal mereka masuk ke dalam desa tersebut, Nur sudah mendapatkan penglihatan yang tidak biasa. Dan lagi ternyata Nur memiliki penjaga yang tidak disukai oleh para lelembut disana, itu yang membuat Nur dihantui. Versi Nur dimulai dari tanggal 20 Juli 2019 dan berakhir pada tanggal 25 Juli 2019. Seperti thread pertama, di thread kali ini sang penulis juga meraha

siakan lokasi kejadian.

    

  1. Awal Mula Viral

Sebelumnya minceu sudah memberi clue, tentang bagaimana thread ini bisa viral. Jadi setelah simple man mengakhiri thread di tanggal 25 Juli 2019, tidak terjadi kehebohan. Namun setelah salah satu Youtuber ternama Indonesia mengangkat cerita ini menjadi sebuah konten di channel Youtubenya, barulah cerita ini viral. Yup Youtuber yang minceu maksud adalah Raditya Dika. Video yang dipublikasikan oleh Radit pada tanggal 23 Agustus 2019 ini mendadak viral dan orang-orang langsung mencari sumber dari cerita yang Radit angkat menjadi sebuah konten. Videonya sudah ditonton lebih dari 11 Juta kali hanya dalam 1 minggu setelah penayangan. Dan dari situlah twitter simple man ramai dikunjungi oleh orang-orang yang penasaran akan cerita tersebut. Tidak hanya itu, Radit juga mengaku telah menghubungi sang pemilik akun simple man, untuk mengajak berbincang, namun pada saat itu Radit tidak mendapatkan balasan. Namun pada tanggal 30 Agustus 2019, Radit mempublikasikan video yang berisi klarifikasi kkn desa penari langsung dari sang penulis, yaitu simple man. Dia berkata bahwa akhirnya simple man membalas pesan yang dia kirimkan dan darisana terciptalah video klarifikasi langsung dari sumbernya. 

  1. Apa sih itu KKN?

Menurut KBBI, KKN atau Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. KKN biasanya diikuti oleh para mahasiswa atau mahasiswi yang berada di semester akhir dari perkuliahan. KKN dibuat per kelompok yang terdiri dari beberapa orang, bisa berbeda jurusan ataupun tingkat.

Nah untuk kalian yang akan melaksanakan KKN, minceu kasih beberapa tips yang aman buat kalian :

  1. Pilih lokasi yang tepat untuk prokermu,
  2. Buatlah team yang dapat diajak bekerjasama,
  3. Persiapkan apa saja yang harus kalian bawa untuk KKN,
  4. Ikuti aturan-aturan adat yang ada di desa yang akan kalian tinggali untuk beberapa waktu.

Untuk point ke-III, minceu kasih kalian beberapa barang wajib yang harus kalian bawa :

  • Smartphone, pastinya selama mengerjakan proker KKN kalian butuh berkomunikasi so jangan sampai ketinggalan benda yang satu ini ya.
  • Tas yang aman, untuk menaruh barang bawaanmu pastinya kamu akan membutuhkan tas yang menurutmu aman.
  • Wi-Fi portable, jika kalian takut disana tidak ada sinyal, pastikan untuk membawa Wi-Fi portable agar sinyalmu tetap aman.
  • Powerbank, proker KKN di desa pastinya masih sulit untuk menemukan aliran listrik di semua tempat. Nah untuk menjaga baterai handphone mu tetap menyala, maka kamu membutuhkan powerbank.

Kira-kira 5 barang diatas yang wajib kamu bawa untuk proker KKN mu. Untuk membelinya mungkin minceu bisa memberikan beberapa saran dari 5 barang diatas. Tas yang aman untuk digunakan, bisa kalian lihat tas bagus dari Cozistyle lho. Kualitas dijamin aman. Cari Wi-Fi portable gak usah bingung, kalian bisa memakai Mi-Fi Cobaz yang pastinya akan membuat sinyalmu aman terkendali. Dan Powerbank kalian bisa memilih powerbank dari Momax yang isinya bukan kaleng-kaleng, dijamin akan menjaga baterai handphone mu tahan lama. Belinya jangan lupa di www.Ayoomall.com ya #mallvers.

  

******

Apa sih pendapat kalian mengenai “KKN di Desa Penari”? Dan ada tidak dari kalian yang sudah mengira-ngira lokasi kejadian dimana?