LIBUR T’LAH TIBA, YUK CEK REKOMENDASI TEMPAT WISATA

Akhir tahun t’lah tiba, liburan pun tiba. Bagi kalian yang mungkin sudah memiliki anak, maka saatnya kalian berkumpul serta mengajak anak-anak berpergian. Cuti setahun pun dapat dimanfaatkan di momen tahun baru lho!

LIBUR T’LAH TIBA, YUK CEK REKOMENDASI TEMPAT WISATA

Nah berhubung musim liburan sudah tiba, pasti ada beberapa dari antara kalian yang bingung memilih destinasi wisata. Gak perlu khawatir, simak bacaan berikut. Bisa jadi salah satunya kalian jadikan destinasi liburan kalian. Ingat “Liburan Tidak Perlu Mahal, Yang Penting Kebersamaan”!

 

  1. Banten Rasa Bali : Tanjung Lesung

Jangan panik jika dengar Tanjung Lesung, yups salah satu tempat wisata yang berlokasi di Banten ini memang pernah terjadi tsunami di tahun 2018. Namun bukan berarti Tanjung Lesung tidak aman untuk dijadikan destinasi wisata. Justru keindahan alam pasca tsunami terjadi tidak menyurutkan kunjungan para wisatawan yang datang. Bagi kalian penyuka olahraga air, wajib banget nih datang ke Tanjung Lesung. Tempatnya mungkin memang agak terpelosok, namun ketika sampai sana perjuangan kalian akan terbayarkan dengan keindahan alam yang ada.

 

  1. Cahaya Kilau di Teluk Kiluan

Satu lagi bagi penyuka wisata air. Mungkin kalian masih asing dengan tempat wisata satu ini, tapi percaya deh kalian gak bakalan nyesel. Apalagi kalian yang suka memancing, lokasi ini strategis banget buat kalian. Satu lagi bonus, kalian bisa melihat kumpulan lumba-lumba jenis Stenella longirostris melompat. Bahkan jika beruntung kamu akan melihat penyu hijau yang jarang banget muncul ke permukaan.

Oh iya, lokasi ini terletak di pesisir kota Lampung,  tepatnya di Desa Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tenggamus, Lampung Selatan.

 

  1. Suasana Kampung Jawa Alami : Desa Candirejo

Berlokasi dekat dengan Borobudur, desa ini cocok banget buat kalian yang mau tahu banyak tentang sejarah Jawa. Yup, para penduduk sekitar masih menjaga tradisi asli serta lingkungan mereka. Tak jarang desa ini didatangi oleh para turis yang memang ingin melihat dan mempelajari sejarah Jawa. Warga sekitar sangat ramah dan juga menyambut para wisatawan dengan baik. Tidak heran desa ini sangat populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Nah kalian bisa mencoba makanan khas asli Yogyakarta disini, seperti gudeg dan pecel. Eitss gak cuma itu, kalian juga dapat membeli cinderamata khas desa Candirejo untuk oleh-oleh buatan para warga desa, seperti tikar; tas; hiasan dinding; tatakan gelas; lukisan; dan masih banyak lagi.

 

  1. Nusa Penida : Keindahan Alam Eksotis

Cari tempat wisata yang instagramable? Cocok! Pantai yang lagi hits di kalangan anak muda khususnya para instagramer ini pas banget buat jadi konten kalian. Dengan banyaknya spot keindahan alam yang luar biasa, tempat ini sangat cocok buat dijadikan latar belakang foto.

Terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Bandung, sangat mudah dijangkau dengan berbagai macam transportasi.

 

  1. Keindahan Danau Tiga Warna

Dari Bali kita maju sedikit ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Desitinasi wisata yang sangat populer di daerah ini adalah Taman Nasional Gungung Kelimutu. Terkenal karena danau uniknya yang memiliki 3 warna berbeda serta dapat berubah warna, membuat khalayak sangat penasaran dengan kelangkaan ini.

Konon katanya, ketiga danau ini adalah tempat berkumpulnya para arwah leluhur yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Oh iya, danau kelimutu adalah salah satu keindahan alam yang pernah muncul di mata uang 5.000 rupiah lho!

  1. Taman Nasional Lorentz

Pernah dijadikan doodle oleh google, taman nasional satu ini menyita banyak perhatian dari kalangan orang banyak. Memang sebelumnya mungkin kalian tidak pernah mendengar soal taman nasional ini, namun karena dijadikan sebagai doodle oleh google taman nasional ini langsung booming. Seperti kebanyakan taman nasional lainnya, di taman nasional ini juga kalian bisa menemukan berbagai jenis flora dan fauna. Ada juga flora fauna khusus yang hanya tumbuh dan hidup di tanah Papua. Jika kalian bingung mau kemana, mungkin berwisata sambil mengenal keanekaragaman hayati Indonesia bisa jadi solusinya.

  1. Bawah Laut yang Menakjubkan

Untuk para penyuka olahraga diving, cocok banget nih kalo datang ke Wakatobi. Terletak di Sulawesi Tenggara, ternyata Wakatobi diambil dari akronim nama-nama pulau besar yang terdapat di sekitarnya lho, yaitu Wanci, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Tidak hanya alamnya yang terkenal memiliki kecantikan yang memukau, di sini juga terkenal sebagai salah satu sentra pandai besi. Konon menurut banyak orang, parang dan juga pisau yang dibuat di sini memiliki kualitas unggulan, kuat, tajam, dan juga anti-karat.

  1. Pesona Laut Kalimantan

Kalimantan memiliki beberapa destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi. Belum beberapa lama ini sempat heboh dengan keindahan laut Kalimantan yang tak kalah dari Raja Ampat di NTT. Air yang jernih dan ekosistem laut yang masih asri, menjadikan Pulau Derawan sebagai salah satu destinasi wajib bagi para penyuka pantai. Seperti Raja Ampat, di Pulau Derawan pun kita dapat melihat berbagai macam ekosistem laut dari permukaan.

Derawan memiliki beberapa pulau kecil di sekitarnya, seperti Pulau Kakaban dengan danaunya yang dipenuhi ubur-ubur tanpa sengat; Pulau Maratua yang tersohor sebagai perlintasan penyu; serta Pulau Sangalaki yang punya ikan Pari Manta. Jika kalian beruntung, kalian juga bisa melihat jenis hiu paus yang sangat besar, bahkan kalian bisa berenang bersama dengan hiu paus. 

******

Nah kira-kira sudah ada bayangan belum ingin liburan kemana? Ingat Liburan gak perlu mahal yang penting kebersamaan. Sekian pembahasan tentang destinasi wisata untuk akhir tahun. Sampai bertemu kembali di bahasan berikutnya. Salam hangat dari admin yang butuh liburan.