Mengatasi Laptop/Pc yang cepat panas (overheat)

Tips dan Trik mengatasi Laptop/Pc yang cepat panas (overheat) - Punya laptop yang cepat panas? Jika Kita memiliki laptop yang mudah sekali panas dan ingin mengatasi agar laptop tidak cepat panas atau overheat. Segera atasi dengan membaca Tips dan Trik dari saya.

Mengatasi Laptop/Pc yang cepat panas (overheat)
(Sumber Gambar: pcworld)

Tentu anda tidak mau jika laptop anda cepat rusak sia sia hanya karena laptop yang mudah panas. Sebab, jika Laptop yang cepat panas akan membuat laptop mudah rusak dan cepat rusak juga. 

 

Mungkin laptop anda yang mudah sekali panas memiliki beberapa masalah terhadap komponennya. Disini saya akan membantu sejenak untuk memperbaiki laptop anda yang mudah panas tersebut. Disini tidak peduli bahwa laptop anda adalah mereka asus, acer, lenovo, hp, axio atau lainnya, anda tetap dapat sama mengikuti langkah langkah tips yang saya berikan ini.

 

Sebelum anda melangkah ke tips tipsnya, ada baiknya anda ketahui ciri ciri laptop atau pc yang mengalami overheat. Ciri yang pertama adalah laptop anda yang sering mati secara tiba tiba secara otomatis, padahal sementara laptop tersebut anda gunakan untuk mengetik atau bermain game. Beberapa laptop teman saya pun demikian, Laptop mereka tiba tiba mati secara mendadak saat laptop sedang dipakai.

Ciri yang kedua adalah suhu laptop yang cepat sekali meningkat. Ini yang umumnya sering terjadi dan sering dirasakan. Laptop yang baru saja digunakan atau dipakai tiba tiba suhunya cepat sekali terasa panas.

 

Setelah anda mengetahui ciri ciri dari gejala gejala laptop yang terekena penyakit overheat, disini saya hanya akan memberikan tips tips secara garis besarnya saja, tidak secara mendetail. Yang pertama dan yang paling umum dari laptop yang mudah panas adalah pastikan kipas laptop anda berputar secara normal. Biasanya laptop cepat panas terjadi karena kipas yang ada didalam laptop anda tidak berputar lagi. Atau berputar tapi tersendat sendat. Jika anda tidak dapat mengatasi kipas tersebut, ada baiknya anda bawa ke service komputer terdekat.

(Sumber Gambar:Frozzaholic)

 

Tips yang terakhir adalah berasal dari komponen laptop itu sendiri dan mungkin anda akan kesulitan untuk melakukannya. Anda harus mengecek pasta pada prosesor laptop anda. Periksa pasta pada prosesor dan pendingin apakah masih ada atau sudah kering. Jika sudah kering, anda dapat mengganti pasta tersebut secukupnya sesuai porsi lalu pasang kembali prosesor dan pendingin pada motherboard. Anda harus berhati hati memasangnya agar tidak terjadi masalah baru lagi nantinya.

(sumber Gambar : carajitubray)

Silahkan jalankan laptop anda jika telah melakukan tips tips yang saya berikan diatas tadi. Cek apakah laptop anda masih sering kepanasan atau tidak. Jika sudah tidak cepat panas lagi sudah aman berarti. Jika masih panas, bawa ke service komputer terdekat.

 

Bagaimana? mudah bukan tips dan trik yang saya berikan kepada anda ini? Jika masih kebingungan, silahkan bertanya langsung dikolom komentar blog pada artikel mengatasi Laptop/Pc yang cepat panas (overheat).

 

Untuk itu, sampai disini pembahasan singkat saya mengenai tips dan trik bagaimana cara mengatasi laptop yang kena overheat atau cepat panas. Semoga artikel yang sangat singkat ini dapat membantu anda untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada laptop anda tersebut. Sekian. Terima Kasih.