Motor Elektrik Pertama Karya Anak Bangsa: Viar Q1

Setelah Tesla dengan Model X-nya, BMW dengan BMW i3, dan puluhan pabrikan otomotif berbagai negara yang berlomba-lomba menciptakan kendaraan elektrik.

Setelah Tesla dengan Model X-nya, BMW dengan BMW i3, dan puluhan pabrikan otomotif berbagai negara yang berlomba-lomba menciptakan kendaraan elektrik. Pabrikan dalam negeri Viar ternyata juga ikut meramaikan pasar kendaraan elektrik. Bukan dengan mobil elektrik, Viar masuk ke dalam pasar kendaraan elektrik dengan motor skuter elektrik pertama di Indonesia dengan Viar Q1.

Dikembangkan oleh Viar dengan kerjasama antara Universitas Gadjah Mada dan perusahaan elektrik asal Jerman Bosch, motor skuter ini dapat menempuh jarak 60 kilometer sekali charge dan dapat mencapai kecepatan sampai dengan 60km/jam. Memang, jika kita melihat spesifikasinya, mungkin angka-angka tersebut tidak fantastis, tetapi perlu diingat kembali bahwa harga motor skuter ini di pasaran adalah di bawah 20jutaan.

Menggunakan motor listrik dari Bosch dengan tenaga 800 watts, motor skuter ini dapat menghemat biaya maintenance Anda dibanding dengan motor berbahan bakar minyak. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk mengganti oli, mengganti busi maupun rantai-rantai gear karena mesin dinamo dalam motor skuter ini langsung disematkan di roda belakang yang sekaligus menjadi alat penggerak.

Sebagai masa depan dunia otomotif, kendaraan listrik menawarkan solusi bagi permasalahan perubahan iklim dan keterbatasan bahan bakar minyak di dunia. Bloomberg New Energy Finance (BNEF) memprediksikan pada tahun 2040, kendaraan elektrik akan mencapai angka 32% dari angka total kendaraan penumpang di Dunia. Hal ini juga dinilai dapat menekan tingkat emisi karbon dunia sampai ke angka 80% di tahun 2050.

Mengacu pada data-data yang tersebut, rasanya sudah saatnya kita memulai untuk beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak menjadi kendaraan bertenaga listrik. Bagi Anda yang ingin memiliki kendaraan bertenaga listrik, Ayoomall.com dan YouTube “Call Me Cobaz” lagi ngadain undian motor Viar Q1 nih.

Gimana Caranya? Gampang banget!

Kamu tinggal daftar undian kamu di sini, dan ikutin cara-caranya, jangan lupa buat subscribe channel YouTube “Call Me Cobaz” dan comment video ini. Apakah hadiahnya cuma motor?  Masih ada 10 Mifi Cobaz buat yang beruntung!