Motor Trail, Olahraga Yang Memacu Adrenalin

Sebagai orang yang menyukai tantangan, olahraga yang memacu adrenalin tinggi bagaikan makanan favorit yang harus dinikmati. Beradu dengan kecepatan, mengasah ketangkasan dan memadu kombinasi antara gerak badan dan juga kekuatan otot berubah menjadi rasa senang yang tak tergantikan. Namun satu hal yang harus dijaga, keselamatan adalah hal utama yang wajib diperhatikan dengan seksama.

Motor Trail, Olahraga Yang Memacu Adrenalin

Salah satu olahraga pemicu adrenalin tinggi adalah balap motor. Kompetisi menjadi yang tercepat dan yang terdepan di lintasan ini sangat disukai oleh berbagai kalangan bahkan di seluruh lapisan masyarakat dunia ini.

Olahraga balap motor ini bahkan telah lama mendunia hingga saat ini banyak sekali event yang memfasilitasi para pembalap untuk bersaing di kancah nasional maupun internasional.

Salah satu ajang olah raga balap yang paling disukai masyarakat adalah balapan motor trail, olahraga yang memacu adrenalin ini sangat disukai oleh penikmat olahraga ekstrim. Memacu motor dengan kecepatan tinggi di tengah lintasan tanah yang bergelombang bahkan kadang licin terkena genangan air merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang.

Meskipun olahraga ini mengandung resiko yang tinggi, tidak sedikit para pembalap rela bertaruh nyawa untuk menjadi yang tercepat sampai di tujuannya.

Olahraga balap motor di lintasan tanah ini sering juga disebut sebagai motor offroad. Dalam olahraga ini seorang pembalap harus memiliki skill yang mumpuni untuk melintasi setiap rintangan alam yang bahkan tidak bisa diprediksi sebelumnya. Selain itu, seorang pembalap Motor Trail juga wajib mengenakan perlengkapan alat keselamatan yang sudah ditentukan oleh panitia lomba.

Jika ditinjau dari segi risiko sebenarnya kedua olahraga balap ini sangat berbahaya. Baik ketika balapan Motor Trail di medan offroad maupun ketika balapan motor sport, keduanya beresiko tinggi mengancam keselamatan pengendara.

Namun jika dilihat dalam hal risiko keselamatan pengendara melalui medan lintasan yang digunakan, maka mengemudikan Motor Trail di jalur offroad jauh lebih berbahaya, karena medan offroad seringkali melintasi tanjakan dan juga loncatan yang curam atau bahkan bersebelahan dengan tebing yang dalam. Untuk itu pengalaman dan juga perangkat keselamatan berkendara harus benar-benar diperhatikan ketika melakukan olahraga yang ekstrem ini.

Sejatinya Motor Trail adalah motor yang berbeda dibanding dengan motor-motor pada umumnya. Motor Trail ini telah didesain khusus untuk melewati medan-medan berat, terjal, melintasi pegunungan, dan kontur jalan lainnya.

Ciri pada kendaraan Motor Trail ini terdapat pada Ground Clerence yang tinggi, Torsi yang besar untuk memudahkan mendaki, memiliki Body yang sangat kokoh, dan Top Speed cukup rendah. Selain itu ban yang digunakan pada Motor Trail ini juga didesain khusus dengan kembang-kembang yang kasar.

Berkendara Motor Trail memang sangat menyenangkan, karena adrenalin pelakunya dapat terpacu sambil berwisata. Namun bagi para pemula tidak bisa sembarangan berkendaraan, mereka harus bertanya dengan ahlinya mengenai safety gear, cara melintasi jenis-jenis rintangan, dan mengenal banyak istilah dalam olahraga otomotif yang satu ini.

Motor Trail adalah salah satu jenis motor yang digunakan untuk offroad di jalan-jalan yang bergelombang dan berlumpur. Tidak semua orang menyukai jenis motor ini karena motor ini memang dibuat khusus bagi pecinta otomotif yang memiliki hobi menjelajahi alam liar seperti hutan ataupun pegunungan. Kini sama halnya dengan jenis motor biasa, jenis Motor Trail juga banyak diproduksi oleh beberapa perusahaan motor ternama.

Bagi anda yang sedang menekuni hobi balap Motor Trail yang mungkin anda adalah seorang pemula dalam olahraga motor ini, sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengendarainnya. Perhatikan Safe Riding dan pakaian wajib Trail Safety supaya aman dan menyenangkan.