MOVIE OF THE WEEK : ANNABELLE – COMES HOME | HOME SWEET HOME ANNABELLE

Para pecinta layar lebar, sudah tau pastinya untuk film yang satu ini. Setelah beredar info tentang film sekuel dari film sebelumya. Kembalinya Annabelle sangat dinantikan oleh para penggemarnya. Bagaimana cerita saat Annabelle kembali ke rumah pasangan Warren? Akankah pasangan suami istri tersebut akan mengalami kembali hal-hal yang janggal? Ataukah sang anak yang akan mengalaminya?

Setelah sukses dengan film pertama yang berjudul “ANNABELLE” pada tahun 2014 dan film kedua dengan judul “ANNABELLE : CREATION” pada tahun 2017 silam, sang produser James Wan beserta rekannya tidak berpuas hati dan memutuskan untuk membuat sekuel dari film Annabelle. Dan selang 2 tahun dari film kedua, akhirnya di tahun ini mereka merilis film ketiga dari sekuel Annabelle dengan judul “ANNABELLE : COMES HOME”

Yang berarti Annabelle akan kembali ke rumah, yang mungkin rumah dari pasangan paranormal yaitu Ed dan Lorraine Warren. Pasangan suami istri tersebut memiliki seorang putri bernama Judy yang juga dapat melihat serta merasakan hal-hal diluar nalar seperti sang ibu, Lorraine. Kira-kira apa yang akan terjadi pada keluarga kecil ini setelah Annabelle datang ke rumah mereka ya? Yuk simak beberapa diantaranya.

1. Home Sweet Home Annabelle

Setelah melalang buana diluar menghantui beberapa orang, akhirnya Annabelle akan kembali ke tempat seharusnya ia berada, yaitu rumah dari pasangan paranormal Ed dan Lorraine Warren. Saat menjemput sang boneka, pasangan suami istri ini mengetahui bahwa Annabelle dirasuki oleh makhluk yang sangat kuat dan jahat. Maka mereka memutuskan untuk meletakan Annabelle di dalam ruangan koleksi pribadi dan menaruh di dalam lemari kaca yang dikunci. Bahkan sebelum meletakan Annabelle disana, mereka mendoakan Annabelle bersama dengan seorang Pastor. Sang anak, Judy dapat merasakan juga bahwa Annabelle dirasuki oleh makhluk yang sangat jahat sehingga ia tidak berani untuk berbicara mengenai boneka itu.

2. Sang Anak adalah Pemeran Utama

Tidak seperti film-film sebelumnya, di film kali ini sang pemeran utama adalah anak dari pasangan Ed dan Lorraine Warren. Judy bisa dibilang adalah pemeran utama dalam film kali ini. Judy yang memiliki kemampuan seperti sang ibu yang sudah terlihat sejak kecil, kini sudah menginjak usia remaja. Dan kini ia lebih bisa melihat bahkan merasakan hal-hal diluar nalar. Di film kali ini akan mengisahkan petualangan Judy dalam menghadapi Annabelle. Tentunya Judy tidak akan sendirian pastinya. Judy akan ditemani dengan sang pengasuh Mary Ellen dan teman dari Mary, Daniela serta calon kekasih Mary, Bob Palmeri. Penasaran kan gimana awal dari petualangan menyeramkan mereka berempat? Dan akankah mereka dapat mengatasi serangan dari sang boneka? Spoiler alert ya gengs, yang belum nonton dan gak mau kena spoiler sebaiknya nonton terlebih dahulu filmnya ya.

3. Para Pemain Baru

Mary Ellen adalah seorang mahasiswa yang bekerja untuk pasangan Warren dalam hal membantu menjaga Judy saat kedua pasangan ini diharuskan pergi meninggalkan Judy. Karena tidak ingin terjadi sesuatu dengan anak mereka, akhirnya mereka mengutus Mary Ellen untuk menemani Judy saat mereka pergi. Namun sepertinya keputusan ini tidak begitu tepat. Mengapa?

Mary Ellen -  Daniela - Judy

Karena teman dari Mary tahu bahwa dirinya bekerja di rumah pasangan paranormal yang sedang hangat diperbincangkan. Dan salah satu temannya yang bernama Daniela meminta kepada Mary agar diijinkan dapat masuk ke dalam rumah pasangan Warren tersebut. Bukan kebetulan juga, karena Mary akan mengadakan pesta untuk ulang tahun Judy yang memang akan berulang tahun. Dan saat membeli bahan-bahan untuk keperluan pesta, Mary diikuti oleh Daniela yang bersikeras ingin mengunjungi rumah pasangan Warren.

Bob

Di supermarket tersebut Mary bertemu dengan Bob. Bob adalah pria yang Mary suka dan Bob juga suka dengan Mary. Dan Daniela yang mengetahui itu menjadikan hal tersebut sebagai alat untuk dirinya mendapatkan ijin. And finally Daniela diundang oleh Mary untuk datang ke rumah pasangan Warren tersebut.

4. Berawal dari Keingintahuan

Saat Daniela mengunjungi rumah pasangan Warren, Judy dan Mary sedang membuat kue. Daniela membawakan Judy hadiah berupa Roller Skate dan Judy sangat menyukainya bahkan sampai meminta ijin kepada Mary untuk bermain diluar. Awalnya Mary tidak memberikan ijin karena tidak ada yang menjaga Judy, namun Daniela menawarkan diri untuk mengawasi kue yang sedang mereka panggang. Akhirnya Mary dan Judy pergi ke luar rumah, Daniela tetap berada di rumah.

Dengan rasa penasaran dan keingintahuan yang tinggi, Daniela berkeliling rumah pasangan Warren. Sampai pada ruangan tempat pasangan ini menyimpan benda-benda yang diyakini memiliki kekuatan supranatural. Ruangan tersebut dikunci sedemikian rupa oleh pasangan Warren agar tidak sembarang orang masuk bahkan sang anak Judy juga tidak diijinkan masuk. Namun karena rasa penasaran yang tinggi, Daniela memasuki ruang kerja pasangan Warren dan mencoba mencari kunci ruangan tersebut. Akhirnya ia menemukan kunci itu yang diletakan di belakang figura Tuhan Yesus. Tak menunggu lama, Daniela segera memasuki ruangan itu dan menyentuh semua benda yang ada di dalam sana. Padahal ia sudah tau bahwa semua yang ada di dalam sana tidak boleh disentuh apalagi dipegang.

5. Sang Iblis Dibebaskan

Daniela heran dengan satu benda yang diletakan dalam sebuah lemari kaca yang dikunci. Sebuah boneka yang sangat seram wujudnya itu menarik perhatian Daniela. Akhirnya ia mendekati dan mengamati sang boneka. Hingga saat Daniela ingin meninggalkan lemari kaca tersebut, sang boneka seperti memanggil dan meminta untuk dikeluarkan dari lemari kaca. Daniela pun mencoba mencari kunci dari lemari kaca tersebut dan saat menemukannya tanpa berpikir panjang ia membuka lemari tersebut. Setelah terbuka aura jahat mulai bangkit di sekitar rumah pasangan Warren. Bahkan pada saat Daniela ingin keluar dari ruangan tersebut, pintu tidak bisa terbuka. Judy serta Mary yang berada dalam rumah pun dapat merasakan aura jahat juga. Contohnya Judy yang diganggu saat menonton film, dan Mary yang diganggu oleh ketukan pintu dan seorang anak kecil. Bahkan Bob yang datang untuk memberi kejutan pada Mary pun dihantui diluar rumah. Semua berawal dari dibebaskannya Annabelle yang diyakini memiliki kekuatan iblis.

6. Para Hantu yang Muncul dalam Film

Bukan hanya Annabelle si sang boneka yang muncul dalam film ini, namun beberapa hantu muncul disaat yang bersamaan dan menghantui para pemeran. Sosok anak kecil yang menghantui Mary saat awal dibebaskannya Annabelle merupakan awal mula teror dimulai.

The Ferryman yang menghantui Mary. Sosok hantu yang berupa mayat dalam peti mati dengan mata yang ditutup oleh uang koin. Jika keadaan sekitar sangat gelap maka hantu ini akan sangat berkuasa, namun jika terdapat pasokan cahaya maka mereka hanya terdiam di dalam peti mati. Salah satu The Ferryman yang menghantui Mary adalah sosok yang menyerupai dirinya sambil membawa Annabelle dalam pelukannya.

Beda dengan Mary, malah Judy dihantui oleh sang hantu utama, Annabelle. Judy terkurung dengan Annabelle di dalam kamarnya. Judy seperti diajak main petak umpat oleh Annabelle. Namun karena Judy sudah melihat ibu nya dalam mengatasi berbagai hal spiritual, maka bisa dibilang Judy lebih tenang dalam menghadapi hal-hal seperti itu. Sebelum peristiwa Judy seperti dihantui oleh seorang Pastor yang merupakan seorang pendiri di sekolahnya. Dan yang akhirnya membantu Judy dalam menemukan Annabelle.

Lain halnya dengan Daniela, cewek satu ini dihantui oleh The Bride. Dimana gaun pengantin yang dipajang di ruangan pribadi pasangan Warren ini menghantui Daniela, bahkan sampai terpakai di dalam tubuh Daniela loh. Dan Daniela sempat akan membunuh Judy dan juga Mary. Bukan hanya dihantui oleh satu hantu, Daniela juga dihantui oleh Monkey Toy dan sebuah Televisi yang ada di ruangan pribadi pasangan Warren.

Beda dengan Bob yang berada di luar rumah pasangan Warren. Dirinya kena serangan dari Hellhound. Sosok hantu yang berupa serigala pemangsa ini berkeliaran di luar rumah pasangan Warren loh. Yang membuat Bob harus bersembunyi di dalam kandang ayam. Hellhound juga sempat mengincar Judy saat Judy mengambil obat Mary di dalam mobilnya. Dan untungnya Bob dapat menyelamatkan Judy dari serangan Hellhound. Meski dirinya harus bersembunyi kembali di dalam kandang ayam serta kehilangan gitarnya.

Selain hantu-hantu diatas, masih ada lagi hantu yang mengganggu para pemain. Misalnya Samurai Armor yang merupakan sosok jubah perang yang mengganggu Mary saat ingin menemukan Annabelle. Ada juga Feeley Meeley Board Game yang mencoba menghalangi Judy untuk meletakan kembali Annabelle ke tempatnya.

7. Cerita Satu Malam Berakhir

Setelah mereka berhasil mengunci kembali Annabelle pada tempatnya, semuanya kembali normal seperti sedia kala. Satu malam yang menjadi mimpi buruk bagi keempat orang ini telah berakhir. Pasangan Ed dan Lorraine Warren pun kembali ke rumah dan sepertinya tanpa diberitahu soal kejadian malam sebelumnya, kedua pasangan ini sudah mengetahuinya. Dan mereka tidak menyalahkan Daniela, karena mereka tahu bahwa Daniela hanya ingin bertemu dengan ayahnya yang belum lama meninggal dunia. Berhubung dengan Judy yang berulangtahun dan mereka mengadakan pesta di rumah dengan mengundang beberapa teman Judy yang awalnya enggan datang. Namun akhirnya teman-teman Judy pun datang bahkan adik dari Daniela yang sering menjahili Judy pun datang. Mary Ellen datang bersama Bob yang telah resmi menjadi kekasihnya. Tak lupa Lorraine Warren memberikan sebuah kalung dari koleksi pribadi mereka yang dipercaya dapat menghubungkan dengan orang yang sudah meninggal.

******

Gimana nih kalo menurut kalian rating film Annabelle kali ini? Menegangkan kah? Menakutkan? Atau malah biasa saja? Yang belum nonton buruan deh nonton.

Oh iya jika kalian yang belum tahu, kalau Lorraine Rita Warren telah berpulang pada tanggal 18 April 2019 pada usia 92 tahun. Jadi di akhir film kalian akan melihat tulisan tentang hal diatas.