Olahraga Mengecilkan Perut

Banyak yang mulai sadar, jika perut sudah buncit banyak menimbun lemak. Bertahun-tahun lemak yang menumpuk tidak terpakai sebagi energi. Jadi banyak pula yang sudah berupaya untuk mengecilkan perut. Banyak cara sehat untuk mencapainnya. Salah satunya dengan olahraga dan menjaga pola makan supaya tidak kebanyakan karbohidra dan glukosa.

Olahraga Mengecilkan Perut

Ada juga upaya dilakukan karena tidak banyak waktu untuk olahraga. Waktunya sudah habis untuk bekerja. Makanya segala daya dan upaya dilakukan untuk tetap sehat dengan berolahraga secara sederhana. Ini beberapa olahraga mengecilkan perut di antaranya:

#1 Lying Leg Raise

Gerakan olahraga pertama adalah gerakan yang bisa kamu lakukan di rumah atau pun di tempat yang dirasa nyaman, dengan bermodalkan sebuah matras, gerakan ini cukup menantang sebab lying leg raise merupakan gerakan yang membutuhkan kekuatan yang besar dari otot perut.

Berikut tahapan untuk melakukan lying leg raise:

Terlebih dahulu Kamu harus berbaring telentang di atas matras dan kedua tangan berada di sisi kiri dan kanan badan, dengan telapak tangan yang menghadap ke bawah. Angkat perlahan kaki sambil mengarahkan jari tangan terbuka keluar.

Angkat kaki hingga membentuk sudut 90 derajat, dan pastikan lutut tidak sampai tertekuk saat melakukan gerakan ini. Pertahankan posisi tersebut selama 8 atau 12 hitungan, lalu turunkan perlahan-lahan. Kamu dapat mengulangi gerakan yang sama hingga 2-3 kali set. Untuk mendapat hasil yang maksimal, maka fokuskan untuk menggunakan otot bagian perut saat melakukan hal ini.

#2 Bicycle Crunches

Bicycle Crunches adalah gerakan yang berfokus pada otot bagian perut maupun otot pada paha bagian bawah. Gerakan ini mirip seperti sedang mengayuh sepeda dengan kedua kaki, hanya saja masih dilakukan di atas matras alias tidak menggunakan sepeda yang sesungguhnya.

Berikut langkah untuk melakukan gerakan bicycle crunches:

Berbaring telentang pada matras, dengan kedua tangan diletakkan di belakang kepala. Angkat kepala Kamu hingga membentuk sudut 45 derajat dengan kedua tangan yang tetap menopang kepala.

Pertahankan posisi kepala sambil mengangkat kedua kaki hingga membentuk sudut sekitar 45 derajat. Putar tubuh ke bagian kiri atas disertai dengan kaki kiri yang menekuk ke bawah, sehingga siku tangan kanan menempel dengan lutut kaki kiri.

Kembali ke posisi semula dan kemudian lakukan gerakan serupa pada tubuh dan kaki bagian kanan. Lakukan secara bergantian dan berulang hingga 8 sampai 12 kali hitungan. Lakukan sebanyak 2 hingga 3 set, yang mana di antara setiap set Kamu beristirahat sekitar 10 hingga 15 detik.

#3 Cross Crunch

Gerakan olahraga cross crunch adalah gerakan olahraga yang tidak hanya dapat mengecilkan perut, namun juga dapat memperkuat otot pada bagian paha dan juga punggung kamu.

Gerakan ini juga harus dilakukan dengan cara yang benar dan tepat demi menghindari terjadinya cedera.

Berikut langkah yang dapat kamu peragakan:


Berbaring di atas matras dengan kedua tangan dan kedua kaki yang mengarah ke luar dan membentuk huruf “X”.

Angkat tangan dan bahu kanan untuk menyentuh kaki kiri yang juga diangkat keatas. Kembali ke posisi semula, dan lakukan juga gerakan yang sama pada tangan dan bahu kiri untuk menyentuh kaki kanan. Lakukan sebanyak beberapa set (sesuai kemampuan), dengan pengulangan 8 atau 12 kali di setiap setnya.

 Gerakan ini memang sekilas tampak sederhana, namun memiliki risiko cedera yang tinggi jika tidak dilakukan dengan benar. Mintalah instruksi dari yang ahli untuk mendapat hasil yang maksimal.

#4 Side Plank

Side plank merupakan gerakan olahraga yang menuntut setiap otot inti tubuh bekerja dengan lebih keras, termasuk otot bagian perut, sehingga postur tubuh Kamu akan lebih bagus.

Berikut langkah melakukannya:


Posisikan tubuh kamu di atas matras, dengan badan menghadap ke samping, dan salah satu lengan membentuk sudut siku untuk menopang badan.

Angkat badan sehingga bertumpu pada kaki dan siku sehingga badan tidak menyentuh matras. Tahan posisi badan dan pinggul selama beberapa hitungan, kemudian turunkan perlahan-lahan. Ulangi gerakan yang sama sebanyak beberapa kali, dan kemudian lakukan juga pada sisi badan yang sebaliknya.

 

#5 Sit Up

Semua orang tentu pernah mendengar atau bahkan mungkin mencoba gerakan sit up. Gerakan sederhana ini dapat mengecilkan dan membentuk otot perut jika dilakukan dengan rutin.

Berikut langkah gerakan sit up:


Berbaring telentang di atas matras, lalu tekuk kaki hingga bergantung di udara.

Letakkan tangan di depan dada atau di belakang kepala, dan angkat bahu kerah langit-langit
dengan menggunakan otot perut hingga agak naik ke atas. Turunkan perlahan bahu Kamu dengan tetap menggunakan kekuatan dari otot perut. Lakukan gerakan ini berulang-ulang.

#6 Swing Kettle Pose

Gerakan mengayunkan kettle bell ini diyakini dapat membentuk otot pada perut dan juga membakar lemak yang ada pada pinggul dan paha depan.

Berikut cara melakukannya:


Berdiri tegak dengan dengan kaki terbuka sedikit lebih lebar dari bahu Kamu. Tekuk pinggul sedikit sambil mengangkat kettle bell dengan kedua tangan yang mengarah lurus kedepan.
Ayunkan kettle bell ke bawah hingga sedikit melewati kedua kaki, lalu kembali ke posisi semula.

Lakukan gerakan ini berulang-ulang.

#7 Lari

Berlari juga merupakan olahraga yang dapat mengecilkan perut Kamu, karena dengan berlari,
maka akan banyak kalori dan lemak yang terbakar pada tubuh Kamu.

Usahakan agar kamu membentuk posisi badan yang tepat saat berlari, yaitu dengan dada yang membusung, punggung tegak, perut masuk kedalam, serta kepala yang sedikit terangkat.

#8 Bersepeda

Selain menyenangkan, bersepeda juga terbukti bisa mengecilkan otot perut, sebab otot perut juga akan ikut terlatih, khususnya saat menyeimbangkan tubuh ketika bersepeda.

#9 Olahraga dengan Menggunakan Raket

Bermain badminton, tenis meja, dan tenis lapangan juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengecilkan perut. Sebab otot perut akan menjadi ikut meregang dan kencang saat Kamu mengangkat tangan untuk menangkis bola.

#10 Berenang dan Olahraga Air Lainnya

Saat berenang, seseorang harus menggerakkan tangan dan kakinya agar tetap dapat mengambang di atas air. Setiap gerakan ini pun akan turut mempengaruhi otot-otot yang berada di sekitar perut, sehingga dapat juga menghilangkan perut buncit.

Selain olahraga type kardio, jika sudah berhasil mengubah pola makan dengan mengurangi karbohidrat olahragannya bisa ditambah di tempat fitnes dengan menambah masa otot. Dengan menambah masa otot, akan membakar cadangan lemak yang menumpuk bertahun-tahun. Sehingga berat badan menjadi berkurang dan perut menjadi rata dan mentuk tubuh semakin enak dilihat. Untuk fitness bisa memanggil personal trainer atau belajar sama yang sudah mengetahui sehingga tidak terjadi cidera saat fitness.

Selamat Sehat!