Operating Sistem Huawei Hadir Menggantikan Android

Setelah Google menyatakan tidak akan memberikan update dan lisensi Android ke perangkat Huawei akibat dari perang dagang yang terjadi antara AS dan China, perusahaan telekomunikasi terbesar di China mempercepat peluncuran Operating Sistem miliknya. Karna saat ini OS di dunia yang tersedia hanya dua yaitu Android dan IOS untuk perangkat Apple.

Operating Sistem Huawei Hadir Menggantikan Android

Perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat dan China beberapa waktu lalu, berdampak pada kerja sama bisnis Google dengan perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi terbesar di China, Huawei. Larangan penggunaan system oprasi Android, Huawei telah menyiapkan 2 Operating System (OS) yaitu HongMeng dan Harmony.

Setelah HongMeng yang telah didaftarkan terlebih dulu untuk menggantikan Android di China, Huawei dikabarkan telah mendaftarkan nama Harmony ke European Union Intellectual Property Office (EUIPO) pada 12 Juli lalu. Dokumen tersebut adalah langkah Huawei untuk mendaftarkan Harmony sebagai OS perangkat mobile dan komputer di pasar global.  

Pada dasarnya HongMeng OS dan Harmony OS tidak memiliki perbedaan, hanya saja Harmony adalah penamaan untuk HongMeng di luar China. HongMeng OS sendiri sudah diuji coba dikurang lebih 1 juta ponsel Xiaomi dan Vivo, dan hasilnya diketahui bahwa Hongmen OS 60% lebih cepat dibandingkan dengan Android.

HongMeng segera diluncurkan pada acara Huawei Global Developer Conference 2019 pada tanggal 9 Agustus, di Songshan Lake Dunggoan, China. Akan ada 1.500 mitra dan 5.000 pengembang global yang akan hadir dalam acara tersebut.