Panah, Olahraga Yang Keren dan Saat Ini Lagi Jadi Hip!

Meskipun olahraga panahan terlihat minim gerakan karena hanya berdiri dan membidik tujuan, olahraga yang sudah ada sejak zaman dahulu ini memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Olahraga panah saat ini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat.

Panah, Olahraga Yang Keren dan Saat Ini Lagi Jadi Hip!
(sumber Foto: Farrel kelas 5, SDN 02 Cililitan. Umur 11 Tahun. Indonesia Memanah)

Dahulu, olahraga ini terkesan jarang ditemukan dan hanya atlet-atlet saja yang bisa melakukannya. Sekarang, semua orang pun bisa memanah.

Kini olahraga panahan bukan lagi olahraga yang menakutkan atau olahraga yang dianggap berat. Bahkan olahraga panahan menjadi olahraga favorit bagi mereka yang ingin membentuk tubuh mereka membuat tubuh mereka sehat.


(sumber Foto: Ibu Lia. Indonesia Memanah)

 

1. Menguatkan tubuh bagian atas

Olahraga panahan menempatkan tekanan pada otot-otot kedua lengan serta dada, bahu, dan punggung. Mirip dengan angkat beban, tekanan ini akan ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan anak panahnya. Dengan pengulangan, tekanan menarik dan melepaskan tali busur, dapat menguatkan otot tubuh bagian atas.

2. Mengontrol keseimbangan

Keseimbangan sangat penting untuk keberhasilan dalam memanah karena kamu harus dapat menahan tubuh saat membidik dan bersiap melepas tembakan. Berlatih memanah membantu Kamu untuk mendapatkan kontrol atas keseimbangan saat sedang fokus membidik target. Semakin banyak kamu berlatih, semakin otot inti kamu terbiasa untuk menyeimbangkan tubuh.

3. Melatih koordinasi

Koordinasi paling utama dalam memanah adalah mata dan tangan. Olahraga panahan melatih tangan kamu untuk bekerja bersama saat melakukan tugas yang berbeda, yaitu membidik dan menembakkan panah berdasarkan apa yang mata lihat. Semakin banyak kamu berlatih, semakin baik koordinasi kamu.


(sumber Foto: Kaia kelas 3, SDN 02 Cililitan. Umur 9 Tahun. Indonesia Memanah)

 

4. Menyehatkan jantung

Dalam pertandingan, pemanah dapat berjalan sejauh 8 km saat melakukan pengecekan hasil tembakan. Meski aktivitas berjalan ini dilakukan dalam interval pendek, efek kumulatif dari berjalan di seluruh kompetisi dapat meningkatkan kesehatan jantung, kekuatan otot, dan kekuatan kaki. Kamu akan mendapatkan beberapa manfaat ini bahkan selama latihan, karena kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk berjalan mengambil kembali panah.

5. Membuat Kamu lebih focus

Fokus penting untuk kesuksesan sebagai pemanah, dan mengembangkan fokus dapat berdampak positif pada kesehatan mental kamu. Semakin kamu terfokus pada target, semakin mudah bagi kamu untuk menjernihkan pikiran dan membidik secara tepat, baik dalam praktik maupun dalam pertandingan. Keterampilan ini juga akan membantu kamu menghadapi situasi-situasi stres dan menekan dalam hidup.

 

Baca Pula: Modal HP bisa jadi Youtuber >>>

 

6. Meningkatkan kepercayaan diri

Dalam panahan, Kamu bisa bersaing dengan yang lain atau melawan diri sendiri. Akan tetapi, olahraga ini bukan hanya tentang melepaskan busur panah. Meningkatkan performa Kamu dengan latihan yang rutin dan disiplin juga membangun kepercayaan diri.

7. Relaksasi

Danika Yarosh, seorang aktris asal Amerika Serikat yang menggeluti olahraga panahan, mengatakan bahwa panahan bisa menenangkan dan menghilangkan stres. Melepaskan panah, melihat busur terbang, dan mendengarnya sampai di bulatan target dinilai Yarosh dapat membantu menghilangkan stres.

Banyak orang melihat panahan sebagai olahraga yang minim gerakan, padahal nyatanya aktivitas ini dapat menguatkan otot tubuh atas hingga menyehatkan organ jantung. Bagaimana, tertarik untuk mencoba olahraga panahan? Yuk, tonton aksi para atlet di Asian Para Games biar lebih semangat untuk berlatih olahraga ini!

8. Mengontrol Emosi

Setelah fokus dan keseimbangan bisa tercapai, seorang pemanah juga harus bisa mengontrol emosinya. Tak bisa busur dilepaskan sesuka hati. Butuh kesabaran ekstra untuk bisa melepas busur di waktu yang tepat. Melatih Emosi buat kita itu sangat berguna.

9. Terbiasa Disiplin

Panahan terdiri dari beberapa gerakan yang dipelajari dari kedisiplinan. Panahan menuntut sikap tegap, lalu menarik dan melepaskan busur.

Pemanah akan belajar bahwa untuk melakukan tembakan, perlu ada kontrol dan konsistensi. Tidak hanya sekadar olahraga, busur dan panah akan mengajarkan anak bahwa disiplin pada hal-hal kecil akan memberikan sukses ke depannya.

10. Baik untuk mata

Dari konsentrasi, lalu fokus dengan satu titik pada sasaran, seorang pemanah bisa melatih otot-otot matanya. Fokus dan konsentrasi pada satu titik dengan jarak yang cukup jauh, yang dilakukan berulang-ulang, akan memperkuat otot mata. PKamungan menjadi lebih tajam ketika melihat benda-benda jauh.

Sebelum memulai manah, ada baiknya memakai alat keselamatan seperti pelindung lengan, jari dan dada dapat melindungi Kamu dari luka akibat terkena tali busur atau yang lainnya. Pelajari bentuk dan teknik panahan yang tepat dari instruktur yang berkualitas, untuk mengurangi kemungkinan cedera saat membidik.

Itu manfaat olahraga panahan. Tertarik mencoba? Kalo tertarik ingin mencoba bisa dateng ke Indonesia Memanah. Di Museum Olahraga di dalam Taman Mini Indonesia Indah. kami latihan di Weekend dari jam 8 pagi sampai jam 10 pagi, Hubungi Shelly. Mencoba bersama keluarga juga lebih seru. Satu hal untuk yang mau ikutan, harus tahan banting ya, soalnya di awal-awal pasti bagian tangan kena jepretan busur panah. Selamat mencoba!