Panduan Memilih PC All In One (AIO) buat kamu yang simpel

Salah satu perkembangan komputer terbaru adalah hadirnya PC all-in-one (AIO). AIO PC hadir sebagai solusi bagi kamu yang menginginkan performa PC desktop namun memiliki ruang yang terbatas. Disisi lain, PC AIO juga memungkinkanmu bisa nyaman bekerja berkat dukungan layar yang lebih lebar dibandingkan laptop.

Panduan Memilih PC All In One (AIO) buat kamu yang simpel
(Sumber Gambar: Eshop Compos)

 

Untuk beberapa tipe, PC AIO memiliki kemampuan yang bagus, baik dalam segi multimedia maupun entertainment. Bisa dibilang spesifikasi PC AIO merupakan perpaduan dari apa yang bisa kamu temukan disistem PC desktop konvensional dan laptop.

 

Kebutuhan penggunaan komputer memang sangat banyak sekali jika kita lihat dari segi majunya zaman dan perkembangan teknologi di masa sekarang ini, hadirnya PC All in One nampaknya menjadi indikasi kemajuan teknologi di bidang komputer lebih mengarah pada segi mobilitas.

 

All-in-one PC hadir sebagai solusi bagi anda yang menginginkan sebuah komputer namun memiliki ruang yang terbatas. PC All-in-one menawarkan sebuah keuntungan space-saving dalam ruangan anda dan juga memberikan anda layar yang lebih lebar dibanding sebuah laptop. Untuk beberapa tipe, PC all in one memiliki kemampuan yang bagus, baik dalam segi multimedia maupun entertainment. All in one bisa jadi solusi ketika anda menginginkan performa dari PC namun hemat ruang.

 

 PC All in One (PC AIO) yang memungkinkanmu bisa nyaman bekerja berkat dukungan layar yang lebih lebar dibandingkan laptop. Di sisi lain, perangkat ini juga menjadi solusi untuk Anda jika menginginkan performa PC desktop tapi memiliki ruang yang terbatas.

 

Bisa dibilang spesifikasi PC AIO merupakan perpaduan dari apa yang bisa kamu temukan di sistem PC desktop konvensional dan laptop. Maka itu, ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk berburu PC AIO yang tepat.

 

Berikut ini, Alasan Kenapa Anda Harus Beralih Memilih PC All In One:

 

Alasan 1: Tidak Harus Membeli Monitor

Salah satu alasan terbaik untuk memilih PC all in one adalah anda tidak perlu membeli beberapa bagian secara terpisah, termasuk CPU & monitor. Dengan layar LCD yang semakin tipis dan handal, sangat memungkinkan untuk mengintegrasikan bagian internal komputer ke dalam layarnya. Ketika anda membeli PC all-in-one dan membawanya pulang, anda tinggal menghubungkannya dengan sumber tenaga yang ada, just plug and play, dan komputer Anda langsung siap dipakai.

 

Alasan 2: PC AIO Menghemat Ruang Anda

Monitor lama yang masih menggunakan teknologi cathode ray, bentuknya sangat besar dan tak jarang memakan banyak tempat pada meja. Belum lagi CPU anda yang ukurannya juga cukup besar yang mampu memakan ruang pada meja kerja anda, sebagai gantinya anda selalu menempatkan CPU di bawah agar ada beberapa space untuk anda dalam bekerja.

Salah satu keuntungan dari memilih PC all in one atau yang sering disingkat dengan PC AIO,  adalah hemat ruang. Jadi Anda tidak perlu kesulitan mengatur peletakannya. Beberapa tipe AIO PC, bisa ditempelkan pada tembok (wallmount), hal ini sangat berguna bagi anda yang tinggal di apartemen yang tidak begitu luas.

 

Alasan 3: Konsumsi Listrik Yang Lebih Rendah

Ketika anda memilih PC all in one anda akan mendapatkan keunggulan komputasi yang ada pada laptop tanpa mengorbankan kecepatan sebuah desktop komputer. Beberapa komponen yang digunakan dalam komputer AIO memiliki teknologi yang sama dengan laptop dan desktop komputer. Selain itu, komponen yang ada di dalam all-in-one PC menghasilkan panas yang rendah, dengan kedua keunggulan ini mampu memberikan anda kenyamanan saat bekerja tanpa harus khawatir biaya listrik yang tinggi.

 

Alasan 4: Mudah Digunakan

Membeli sebuah komputer berarti anda harus melakukan instalasi terlebih dahulu, anda tidak mungkin melakukan instalasi di toko tempat anda membelinya, karena itu cukup memakan waktu. Bahkan sebelum anda melakukan instalasi anda harus memasang beberapa kabel sesuai dengan tempatnya agar komputer bisa berjalan, jika ada kabel yang hilang atau tertinggal berarti anda harus kembali ke toko dimana anda membelinya.

Dengan membeli PC all-in-one tentunya tidak akan serumit itu, anda tinggal meletakkan pada meja kerja anda, lalu menghubungkannya dengan sumber tenaga yang ada maka komputer anda sudah bisa berjalan sesuai yang anda inginkan.

 

Alasan 5: Tidak Ada Kabel Yang Berantakan

Ketika anda melakukan pemasangan desktop PC di rumah atau di tempat kerja, anda akan membutuhkan banyak kabel. Pertama, ada kabel power, lalu ada beberapa kabel seperti kabel monitor, speaker, keyboard, mouse dan berbagai peripheral lainnya. Ketika dipasang begitu saja tanpa dirapikan, kabel yang ada terkesan berantakan dan dapat membahayakan (terjadi korsleting, terinjak, dsb).

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatur kabel-kabel tersebut, namun pengguna memerlukan sedikit waktu untuk menemukan cara yang pas agar kabel bisa terlihat sedikit rapi. Dalam all-in-one PC tentunya hal ini tidak akan terjadi, ketika menentukan PC all-in-one anda hanya perlu memasang kabel power dan kabel mouse atau keyboard. Bahkan untuk 1 tahun belakangan ini, PC all-in-one sudah di desain dengan menggunakan wireless keyboard dan mouse, selain itu juga tersedia fasilitas webcam dan konektifitas menggunakan wireless.

Cukup kiranya tips panduan memilih PC all-in-one (AIO PC) buat kamu yang simple ini dapat membantu anda menentukan dan membeli PC all-in-one yang tepat, sesuai dengan kebutuhan anda.

Cari PC all-in-one (AIO PC)  murah terbaik? Cek dan temukan harga terbarunya di sini.