PC Atau Laptop Sering Tiba-Tiba Mati, Ini Cara Buat Mengatasinya

Tentu anda tidak mau jika Laptop/PC anda cepat rusak sia-sia hanya karena sering tiba-tiba mati. Sebab, jika Laptop/PC yang sering tiba-tiba mati akan membuat laptop mudah rusak dan cepat rusak juga. 

PC Atau Laptop Sering Tiba-Tiba Mati, Ini Cara Buat Mengatasinya
(Sumber Gambar: homedotbt)

 

Mungkin laptop anda yang sering tiba-tiba mati memiliki beberapa masalah terhadap komponennya. Di sini saya akan membantu sejenak untuk memperbaiki laptop anda yang sering tiba-tiba mati. Di sini tidak peduli laptop anda adalah asus, acer, lenovo, hp, axio atau lainnya, anda tetap dapat sama mengikuti langkah langkah tips yang saya berikan ini.

 

Perlu diketahui, sebagian kecil dari masalah itu terjadi kerusakan pada aplikasinya, namun lebih banyak terjadi kesalahan dan kerusakan pada komponen yang ada dalam laptopnya sehingga biar bagaimana anda mengatur hal hal yang ada didalamnya, maka tetap laptopnya akan mati secara mendadak. Nah cara yang saya bagikan ini adalah tips untuk memperbaiki komponen komponen dalamnya yang mudah mudah aja. Untuk itu, silahkan simak penjelasan singkat saya dibawah ini :

 

1. Suhu Laptop yang Terlalu Panas

 

Benar! jika kita memainkan sebuah game atau kita memakai laptop/pc itu secara terus menerus dalam satu waktu, hal itu akan memaksakan daya bekerja lebih keras. Apalagi jika laptopnya dalam keadaan di cas (Charger), tentu akan cepat panas. Hal itu tidak baik untuk Laptop/pc kita. maka untuk mengatasinya adalah diamkan dan dingikan laptop/pcnya dari segala aktivitas. Jika laptop dicas, maka biarkanlah hingga penuh. Pokoknya hentikan dari segala aktivitas hingga laptopnya kembali bersuhu normal dan dingin.

(Sumber Gambar: peacock computer)

Tips agar laptop tidak cepat panas ketika dinyalakan adalah jangan meletakan laptop di atas  yang berbentuk dari gumpalan kain, apalagi bantal. hal ini menyebabkan sirkulasi udara pada laptop terhambat dan si laptop pun akan cepat panas.

 

Letakan aja laptop di atas benda yang keras misalkan saja meja. atau jika mampu, silahkan beli pendingin laptop agar si laptop selalu awet dingin dan tidak panas. Jangan terlalu lama memakai laptop dalam keadaan miring, ini bisa menyebabkan kipas dalam laptop mudah sekali mati. sehingga laptop jadi cepat panas.

 

2. RAM yang Kotor dan Berdebu

Penyebab Laptop Mati mendadak lainnya adalah RAM yang kotor. RAM yang kotor juga dapat menyebabkan laptop mati. Juga biasanya hal ini membuat laptop tidak mampu dipakai secara maksimal dan membuat laptop juga cepat panas.


(Sumber Gambar: patar tambunan)

 

Oleh karena itu anda sebaiknya membersihkan RAM laptop secara rutin agar tidak kotor dari debu. Atau juga anda dapat meningkatkan kapasitas RAM dari yang tadinya hanya 2 GB, bisa kita tingkatkan menjadi 4 GB. Ini bertujuan agar laptop yang berkekuatan 2 GB dipaksa melakukan pekerjaan yang berat sehingga cepat loading, panas dan rusak.

 

3. Pasta yang berada pada Prosesor Kering

 

Didalam sebuah Laptop, tepatnya dibawah prosesor/chips CPU ada pasta, mirip dengan pasta gigi yang biasa anda gunakan namun terdiri dari bahan yang berbeda dari pasta gigi. Pasta pada prosesor disebut dengan Thermal Paste yang berfungsi agar prosesor laptop selalu dingin dan terhindar dari overheat. Jika sudah kering, silakan anda tambahkan pastanya.

 

Untuk mendapatkan pastanya, silahkan beli pada toko elektronik/digital (kalau ada). Harga Thermal Pasta pendingin laptop hanya berkisar 20 ribu hingga 100 ribu rupiah. Murah kok.


(Sumber Gambar: jagoan cybers) 

 

4. Mainboard yang bermasalah

 

Mainboard yang bermasalah terjadi ketika anda menjalankan sebuah game atau aplikasi yang sangat berat yang  tidak cocok untuk spesifikasi RAM laptop anda. Itu sama saja dengan pemaksaan terhadap mainboard. Maka dari itu pada tips kedua sebelumnya saya menyarankan anda untuk menambah kapasitas RAM. Jika mainboard anda bermasalah, silahkan anda beli dan ganti dengan mainboard yang masih baru dan anda dapat menghapus atau uninstall game dan aplikasi yang berat itu dari laptop anda.


(Sumber Gambar: desk code)

 

Jika anda sudah melakukan tips saya di atas, maka besar kemungkinan laptop anda akan kembali pulih dengan semestinya.  Tips ini bisa dilakukan terhadap semua jenis windows baik itu Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, Windows XP dan jenis laptop selain windows, salah satunya laptop Mac.

 

Saya akhiri sampai disini tips singkat saya mengenai Tips memperbaiki Laptop/Pc yang sering tiba-tiba Mati, Semoga artikel yang sangat singkat ini dapat membantu anda untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada laptop/pc anda tersebut. Semoga bermanfaat bagi anda. Sekian. Terima Kasih.