Pepsi, pergi dari Indonesia

Pecinta minuman berkarbonasi di Indonesia berduka. Minuman asal Amerika Serikat (AS), Pepsi bakal hilang dari pasar tanah air. Sebabnya, Pepsi mulai 10 Oktober nanti bakal berhenti berproduksi, menjual dan mendistribusikan di Indonesia.

Pepsi, pergi dari Indonesia

Pepsi (sebelumnya bernama Pepsi-Cola) adalah merek minuman ringan yang diproduksi oleh PepsiCo dan dijual di seluruh dunia melalui toko, restoran, dan mesin penjual. Minuman ini merupakan persaingan dengan Coca-Cola. Minuman ini dibuat pertama kali pada 28 Agustus 1898 oleh ahli farmasi Caleb Bradham. Merek ini menjadi merek dagang pada 16 Juni 1903.

Di Indonesia, Pepsi diproduksi oleh PT. Pepsi-Cola Indobeverages dengan pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat dan didistribusikan oleh PT. Indofood Asahi Sukses Beverage. Perusahaan tersebut merupakan joint-venture antara PepsiCo Amerika Serikat dengan Indofood CBP Sukses Makmur Indonesia. Saat ini PT. Pepsi-Cola Indobeverages memproduksi minuman Pepsi, 7 Up, Mirinda, Gatorade, Tropicana Twister, Tehkita dan Fruitamin.

Minuman ini disukai oleh berbagai kalangan. Lantas apa yang menyebabkan Pepsi hengkang? Berikut ulasannya Warga Indonesia mulai 10 Oktober 2019 tak akan lagi merasakan minuman berkarbonasi, Pepsi. Sebab minuman tersebut mengakhiri pemasarannya.

Pepsi sendiri resmi menjadi merek dagang pada tahun 1903. Pepsi lahir dari tangan seorang ahli farmasi, Caleb Bradham. Di Indonesia, Pepsi diproduksi oleh PT Pepsi-Cola dan Distribusikan PT Indofood Asahi Sukses Beverage. Pepsi dijual di toko, minimarket hingga restoran. Saingan berat Pepsi ialah Coca-Cola.

Pepsi dipastikan tak akan lagi hadir di Indonesia. Keputusan Pepsi cukup membuat pecinta minuman berkarbonasi terkejut. Sebab minuman ini sudah melekat di lidah orang Indonesia.

Keputusan Pepsi untuk mengakhiri kiprahnya di pasar domestik cukup mengejutkan. Pepsi hengkang dari Indonesia lantaran masa kontrak PepsiCo Inc dan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) telah habis pada tanggal 10 Oktober 2019.

Keduanya juga telah sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama lagi. Meski begitu, PepsiCo berharap dapat kembali berusaha di pasar tanah air melalui sejumlah produk unggul lainnya dari perusahaan.

"PepsiCo berharap bisa kembali ke pasar Indonesia dengan merek-merek ternama kami seperti Pepsi, Miranda, 7up dan Mtn Dew di masa yang akan datang," kata Juru bicara (Jubir) PepsiCo, Rabu (2/10).

Baca Juga: Bermodal HP bisa jadi Youtuber >>>