Propolis Bisa Menyembuhkan Beragam Penyakit.

Selain memproduksi madu, lebah juga menghasilkan senyawa lengket berwarna coklat-kehijauan yang disebut propolis. Propolis banyak dipercaya sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan beragam penyakit.

Propolis Bisa Menyembuhkan Beragam Penyakit.

 

Manfaat madu untuk kesehatan memang sudah tak perlu diragukan lagi. Namun madu bukan satu-satunya produk yang dihasilkan lebah? Faktanya, lebah juga menghasilkan getah yang disebut propolis. Propolis disebut-sebut berkhasiat sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Propolis Berfungsi sebagai premium anti oksidan.

 

Propolis adalah suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu, yaitu terdiri dari pucuk daun-daun muda yang dikumpulkan oleh lebah yang dicampur dengan air liurnya, digunakan untuk menambal dan men-steril-kan sarang. Propolis ini bersifat dis-infektan (Anti bakteri) alami yang mampu membunuh semua kuman yang masuk ke sarang lebah.

 

Propolis atau Lem Lebah dikumpulkan oleh lebah untuk menutupi lubang kecil, hingga 6 milimeter, sementara untuk lubang yang lebih besar digunakan malam lebah. Warnanya tergantung sumber tumbuhannya, namun biasanya coklat tua. Propolis bersifat lengket pada suhu ruangan atau di atasnya (20 °C). Sementara jika lebih rendah, akan menjadi keras dan rapuh.

 

Namun bagaimanakah efektivitas propolis dikaji secara ilmiah?

 

Selama puluhan tahun, peternak lebah berasumsi bahwa lebah menggunakan propolis untuk melindungi koloni dari gangguan kecil seperti hujan atau serangan udara dingin. Hanya saja, sejak abad ke 20 telah diteliti bahwa lebah bukan hanya bertahan, bahkan malah semakin berkembang dengan adanya ventilasi selama musim dingin. Karena itu, kini dipercayai bahwa manfaat propolis bisa memnyembuhkan beragam Penyakit.

 

| Lihat Pula: Ayoomall

 

Kandungan getah lebah sangat bervariasi tergantung dari lokasi sarang  dan jenis pohon atau bunga yang diisap lebah. Meski begitu secara umum para peneliti telah menemukan setidaknya ada 300 jenis senyawa aktif yang terkandung dalam herbal ini. Beberapa di antara resin, balsam, minyak aromatik, serbuk sari, dan bahan organik lainnya. Kebanyakan senyawa tersebut terkandung dalam bentuk polifenol dan flavoloid. Baik itu polifenol maupun flavoloid termasuk antioksidan yang dapat melawan penyakit dan kerusakan pada sel-sel tubuh.

 

Ternyata begini kata para pakar mengenai propolis:

 

John Diamond, MD:
Dari semua makanan tambahan yang saya selidiki dan uji, Propolis sangat bermanfaat pada Thymus yang merupakan tenaga kehidupan. Manfaat Propolis mampu mengaktifkan kelenjar Thymus yang menjalankan sistem imunisasi tubuh. Kelenjar Thymus berada pada pangkal leher dan mengandung Lympocytes yang memberikan kekebalan pada kuman dan penyakit.

Roy Kupinsel:
Propolis merupakan Antibiotik Alami yang dapat melawan berbagai penyakit tanpa efek samping, menurut penelitian sarang lebah jauh lebih steril dari ruang operasi rumah sakit.

University of Columbia
Manfaat Propolis dapat membantu system kekebalan tubuh pada manusia dan juga sangat efektif melawan infeksi, serta menemukan suatu zat anti kanker.

Dokter di Czechoslovakia
mempergunakan Manfaat Propolis sebagai alat sterilisasi.

Prof. Arnold Beckett
Manfaat Propolis adalah obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang diakibatkan oleh virus, bakteri dan jamur.

Dr. John Graange – Department of Microbiology, National Health
Manfaat Propolis  dapat mengembangkan regenerasi jaringan penghubung tulang rawan.

Philip Calder – Department of Biochemistry, Oxford University
Manfaat Propolis  sangat efektif untuk membasmi bakteri.

David James (Ahli Gizi)
Manfaat Propolis  telah terbukti menyembuhkan pasien-pasien yang berpenyakit kronis dan berpenyakit mulut dengan cepat.

Philip Wander
seorang dokter gigi mempergunakan Manfaat Propolis untuk mengobati pasien sakit gigi, gusi dan penyakit mulut lainnya.

Dr. Franz K. Fleks (Austria)
mempergunakan propolis untuk penyembuhan luka-luka borok , sehat dalam tiga hari.

Team Riset Rusia
Di dalam propolis terdapat zat antibiotik alami dan antiviral yang tidak mempunyai efek samping, vitamin, asam amino, mineral serta sangat mujarab untuk penyakit infeksi perut, mulut, tenggorokan (Ensiklopedia Utama).

Dr. Peter Mansfield
menggunakan propolis untuk penyembuhan demam, panas dan flu.

Mitza Vosnjak (bekas Menteri Luar Negeri Yugoslavia)
memberikan propolis untuk temannya, Rudi, yang menderita kanker dan sembuh dalam waktu satu bulan.

Dr. Fang Chu (Hospital Lienyukang, RRC)
Pasien yang mengidap penyakit kandungan lemak tinggi dalam darah dan berpenyakit jantung dapat disembuhkan dengan propolis (kandungan lemak turun).

Institute of Radiology Sarajevo
Propolis dipergunakan untuk mengobati pasien/ penyakit kanker akibat radiasi.

V.P. Kivalkina (Majalah Antibiotics)
Propolis adalah sangat efektif untuk infeksi dan tanpa kadaluarsa

 

Saat ini, propolis jadi salah satu obat herbal yang populer dan banyak dicari orang. Kamu bisa menemukan herbal ini di apotek, toko herbal, toko yang menjual makanan sehat dengan berbagai bentuk dan merek, serta di situs belanja online. Di mana pun Kamu membeli produk herbal ini, pastikan kalau Kamu teliti ketika membelinya. Pastikan juga kalau produk yang Anda beli sudah terdaftar dan memiliki izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Untuk membeli Propolis asli yang diproduksi moment, bisa beli disini.

 

Dengan melihat manfaat propolis bagi tubuh memang tidak ada salahnya mengonsumsi aneka produk turunannya yang saat ini berada di pasaran. Nah, semoga informasi tentang Propolis ini bermanfaat ya, Kakak.