Rich Brian Rapper Indonesia Pencetak Sejarah di AS

Orang banyak terkejut dengan Rich Brian yang bulan Maret 2019 lalu meluncurkan single  yang bertajuk "Dat $tick". Lagu ini mencuri perhatian di panggung internasional yang menampilkan deretan penyanyi rap Amerika Serikat seperti Ghostface Killah, 21 Savage, Tory Lanez, MadeinTYO, Desiigner dan lainnya.

Rich Brian Rapper Indonesia Pencetak Sejarah di AS

Rich Brian pertama kali merilis singelnya, berjudul "Living the Dream" pada tanggal 17 Juli 2015 di akun YouTube miliknya. Lagu tersebut diproduksi oleh DJ Smokey. Rich Brian pertama kali upload di youtube memakai nama sebelumnya Rich Chigga. "Dat Stick" menduduki peringkat empat di tangga lagu Bubbling Under R&B/Hip-Hop Singles. Per 09 september 2019 sudah dilihat 120 juta view di youtube. 

 

Rich Brian bernama asli Brian Imanuel Soewarno (lahir di Jakarta, Indonesia, 3 September 1999; umur 19 tahun), Berdarah campuran Tionghoa dan Manado. Brian dibesarkan di Indonesia, memulai kariernya melalui media sosial pada tahun 2010 saat masih berusia 11 tahun.

Pemuda bernama asli Brian Imanuel Soewarno memang bukan sosok biasa. Ia adalah musisi Asia pertama yang berhasil menduduki tanggal lagu nomor 1 dalam iTunes Hip Hop. Selain memenangkan penghargaan sebagai Breakthrough Artist of the Year dalam ajang Indonesian choice awards yang ke-4, prestasinya yang lain adalah masuk ke dalam List Forbes “30 Under 30-Asia-Entertainment & Sports 2018”

 


Pada Tanggal 29-6-2019, Rich Brian, kembali menghiasi Times Square, New York, AS. Rich Brian merilis singel "Yellow" (feat Bekon) melalui platform musik digital Spotify. "Thank u @ spotify for putting my beautiful face on times square," tulis Brian yang diakhiri dengan emoji hati dalam keterangan foto yang dia unggah.

Lagu inilah yang mengisi salah satu daftar playlist New Music Friday Spotify bersama lagu-lagu dari Ed Sheeran - "Beautiful People" (feat. Khalid), BTS - "Heartbeat" (BTS World Original Soundtrack), Julia Michaels - "Hurt Again", Ellie Goulding - "Hate Me" (with Juice WRLD), Weird Genius - "Velvet Thorns".

Rich Brian akhirnya 'pulang kampung'. Ia bakal manggung di Jakarta 4 Oktober 2019. Panggung tersebut disiapkan oleh Spotify On Stage. Dari situs resminya, Kamis (5/9/2019), Rich Brian menjadi salah satu headliner di festival musik itu. Spotify menyebut Rich Brian adalah artis hip-hop yang paling sering didengar di platform-nya. Hal itu menjadi tolak ukur Spotify On Stage mengundangnya.

"Rich Brian adalah salah satu artis hip-hop yang saat ini paling banyak didengarkan di Spotify di Indonesia," ungkap Spotify. "Menjadikannya salah satu bintang internasional terbesar yang berasal dari Asia," lanjutnya. Belum lagi, Rich Brian juga baru melepas album baru, 'The Sailor'. Album itu mendapat sambutan hangat dari para penikmat musik.

Tahun lalu, debut albumnya yang berjudul Amen (2018) juga sempat bercokol di peringkat 18 dalam Billboard 200. Prestasi yang jelas tidak main-main. Sungguh musisi yang membawa harum nama bangsa Indonesia. Saat ini Spotify sudah banyak membantu musisi-musisi Indonesia. Sudah banyak lagu-lagu yang baru yang layak untuk Streaming di Spotify. Salah satunya adalah lagu “Iki Piye” yang dinyanyikan oleh bazcom.