SIAP-SIAP, INI DIA MAKANAN YANG BAKAL KAMU TEMUI SAAT LEBARAN NANTI!

Momen yang paling ditunggu setelah sebulan lamanya menahan lapar, haus serta hawa nafsu adalah Hari Kemenangan. Yup, Hari Raya Idul Fitri adalah salah satu hari yang dinantikan bagi seluruh umat muslim yang ada di dunia, tak terkecuali Indonesia.

SIAP-SIAP, INI DIA MAKANAN YANG BAKAL KAMU TEMUI SAAT LEBARAN NANTI!
SIAP-SIAP, INI DIA MAKANAN YANG BAKAL KAMU TEMUI SAAT LEBARAN NANTI!
SIAP-SIAP, INI DIA MAKANAN YANG BAKAL KAMU TEMUI SAAT LEBARAN NANTI!

Di Indonesia sendiri yang sebagian besar rakyatnya memeluk agama Islam pastinya sangat menantikan momen Lebaran untuk berkumpul bersama keluarga besar.

Nah saat Lebaran selain berkumpul bersama, pasti kalian juga menantikan hidangan yang menggugah selera.

Apa aja sih menu wajib yang ada di Hari Lebaran?

Yuk simak, siapa tau bisa jadi referensi buat kamu.

1. Ketupat

Yang paling wajib dari yang lainnya adalah hidangan yang satu ini. Hidangan yang terbuat dari bahan dasar beras atau ketan ini. Kulit luarnya terbuat dari anyaman daun kelapa dan berbentuk persegi. Ketupat biasanya dihidangkan bersama dengan sayur lodeh yang berisi irisan labu serta potongan tempe dalam kuah santan, jangan lupakan kerupuk atau emping sebagai pelengkap. Hm, jadi makin gak sabar untuk cicipi hidangan yang satu ini ya.

2. Opor Ayam

Makanan wajib lainnya adalah opor ayam. Bisa dibilang opor ayam adalah pelengkap untuk membuat ketupat lebih nikmat. Hidangan yang berbahan dasar ayam ini, disajikan dengan kuah santan dengan campuran rempah-rempah khas Indonesia. Eits, untuk menu yang satu ini bisa kita jumpai gak cuma saat Lebaran saja kok, dihari biasa juga makanan ini dapat kita temukan. Tapi memang saat Lebaran terasa lebih spesial pastinya karena dinikmati bersama dengan keluarga besar.

3. Sambal Goreng Ati

Makanan yang dapat ditemui sehari-hari ini, entah kenapa menjadi salah satu dari makanan wajib saat Lebaran loh. Yup, sambal ati goreng ini merupakan pelengkap dari ketupat dan opor ayam. Sensasi pedas menjadi penambah rasa saat menikmati hidangan Lebaran. Cocok banget nih untuk kalian pecinta pedas. Tapi jangan khawatir untuk kalian yang tidak bisa makan pedas, terkadang sambal goreng ati ini dibuat tidak terlalu pedas kok.

4. Rendang

Nah selain opor ayam, ada lagi loh makanan wajib yang berbahan dasar dari hewan lainnya. Rendang, yup makanan yang berbahan dasar dari daging sapi ini merupakan salah satu makanan yang bakal kalian temui saat Lebaran nanti pastinya. Makanan yang berasal dari Sumatra Barat ini disajikan dengan campuran dari rempah-rempah khas Indonesia loh. Kabarnya rendang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN International pada Tahun 2011. Tidak hanya itu makanan ini juga mendapatkan gelar “The Most Balanced Food” dalam acara LA Travel  & Adventure Show. Hebatnya, makanan ini dapat bertahan selama tiga bulan tanpa dipanaskan. Cocok banget nih buat kalian para perantau untuk oleh-oleh dan bisa mengobati rasa rindu akan masakan rumah bukan.

5. Nastar dan Kastengel

Setelah membahas makanan-makanan berat yang ada di saat Lebaran, kali ini kita akan bahas makanan ringan yang akan disajikan dalam Lebaran. Nastar dan Kastengel pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Bukan hanya di kalangan kaum muslim, namun di kalangan umat lainnya kedua makanan ini sangat populer. Nastar dan Kastengel biasanya disajikan untuk tamu yang datang berkunjung. Kedua makanan ini tidak hanya ada saat Lebaran saja, namun kalian dapat menemukan pada saat Hari Raya Natal atau Hari Raya Imlek. Makanan yang sangat cocok saat berkumpul dengan orang-orang tersayang.

6. Kacang Goreng

Satu lagi makanan ringan yang bakal kalian temukan saat Lebaran. Meski terbilang tidak istimewa, namun makanan ini merupakan salah satu makanan wajib saat Lebaran loh. Ibaratnya tanpa kacang goreng itu mungkin tidak lengkap. Biasanya kacang goreng disajikan dengan bawang putih yang digoreng, bahkan bisa ditambahkan penyedap sesuai dengan selera masing-masing. Pas banget nih buat kumpul-kumpul bareng saudara.

******

Namun apapun makanannya yang penting Lebaran. Mangan ora mangan sing penting kumpul atau makan gak makan yang penting kumpul. Pepatah tersebut memang benar. Tidak peduli menu apa yang ada di rumah Anda saat Lebaran. Hal yang paling penting dari itu adalah, berkumpulnya Anda dengan keluarga dan sanak saudara. Bermaaf-maafan, berbagi cerita dan melepas rindu setelah bertahun-tahun tidak bertemu jauh lebih bermakna dari semua kemewahan saat Lebaran. Selamat menyambut Idul Fitri.