Smartphone Foldable Gebrakan Baru di Dunia Smartphone

Kini gak perlu repot lagi untuk bawa handphone dan juga tablet untuk beraktivitas atau bekerja diluar kantor, karna sekarang sudah hadir teknologi baru yaitu handphone layar lipat. Handphone ini memberikan pengalaman sebuah tablet dan sebuah ponsel, dan tentunya akan menjadi handphone kekinian nantinya.

Smartphone Foldable Gebrakan Baru di Dunia Smartphone

Internasional Data Corporation (IDC) mengatakan penjualan data smart phone global menurun pada tahun 2018, salah satu faktornya adalah kurangnya inovasi dari produsen smartphone. Akhirnya di awal tahun 2019, perkembangan gadget dunia hadir dengan inovasi handphone layar lipat atau yang dikenal dengan Foldable. Teknologi yang dihadirkan adalah gabungan dari pengalaman orang dalam menggunakan handphone dan tablet.

Saat ini beberapa perusahaan teknologi raksasa bersaing meluncurkan ponsel lipat ganda yang saling berlomba dari segi teknologi, model dan tentunya harga. Samsung telah lebih dulu meluncurkan handphone lipat pertamanya pada Februari lalu, perusahaan teknologi lainnya pun dikabarkan akan meluncurkan Foldable phonenya dipertengahan tahun 2019 ini.

Yuk baca untuk mengetahui kecanggihan-kecanggihan dari handphone layar lipat berikut ini :

1. Galaxy Fold

Pada Februari 2019 lalu di Amerika, Samsung akhirnya merilis smartphone layar lipat pertamanya, yang diberi nama Galaxy Fold. Handphone Foldable ini memiliki layar infinity display 7.2” yang memungkinkan pengguna mengubah bentuk menjadi tablet, dan ketika ponsel ditekuk akan memiliki layer lebih kecil dengan ukuran 4.6” HD+ Super Amoled. Ponsel ini juga memiliki spesifikasi prosesor octa-core 7nm, RAM 12 gb, terdapat tiga kamera di bagian belakang. Sedangkan, kamera depan terdapat dua sensor kamera saat dibuka dan cover kamera 10 megapixel. 10 megapixel dan baterai 4.380mAh. Harga ini di bandrol seharga USD 1.980 atau sama denga 28 juta.

2. Huawei Mate X

Pada acara Mobile World Congress 2019, perusahaan teknologi raksasa dari tiongkok Huawei memperkenalkan handphone lipat yang diberi nama Huawei Mate X. Handphone lipat tersebut mempunyai layar 6.6” lebih besar dari Iphone XS max, dan Galaxy Fold. Huawei Mate X dilengkapi HiSilicon kirin 980 SoC, RAM 8GB dan memiliki chipset Huawei Balong 5000 5G yang hadir sebagai modem 7nm pertama di dunia, yang mampu memberikan kecepatan downlink atau uplink. Harga jualnya mencapai 36 juta, dan akan tersedia dipasaran pertengahan tahun 2019 ini.

3. Xiaomi

Setelah beberapa waktu lalu bos Xiaomi, Lin Bin memamerkan video singkat protitipe ponsel layer lipatnya, diprediksi Xiaomi akan menjadi perusahaan teknologi yang akan meluncurkan ponsel lipat setelah Huawei.Ponsel layer lipat milik Xiaomi ini akan berbeda dari Galaxy Fold dan  Mate X, nantinya smartphone tersebut memiliki dua bagian sisi-nya ditekuk, sehingga dijuluki layer lipat ganda. Sampai saat ini pihak dari Xiaomi belum memberikan sebtan untuk smartphonenya itu dan belom ada tanda-tanda kapan handphone lipat Xiamo ini akan dirilis. Jadi kita tunggu aja yaa guys.

Selain Samsung dan Huawei, TLC pemilik dari blackberry saat ini juga sedang mengembangakan teknologi handphone lipat, yang disinyalir harganya lebih murah dari Huawei dan Xiomi loh. Kira-kira handphone yang mana ya yang akan menjadi juara di pasar teknologi gadget dunia.