Sop Buah Dengan Kuah dari Jus, unik

Sop Buah milik Bang Juma di jl KH Zainul Arifin sangat unik. Walau bernama sop, sajian yang memadukan aneka buah ini punya citarasa manis, dingin, dan segar. Sop buah ini berkuah cerah dan pekat, campuran dari susu kental manis dan yang unik, dicampur Jus. 

Sop Buah Dengan Kuah dari Jus, unik

 

Kuah sop buah biasanya memakai air gula atau sirup. Tapi Sop Buah Bikinan Bang Zuma ini agak beda, dia menggantika air gula atau sirupnya dengan jus yang kental. Bayangkan rasanya, aneka buah disiram jus yang kentang. Segar bukan? Saat ini, Jusnya baru bisa ada 3 pilihan rasa yaitu Alpukat, mangga dan duren. Tinggal dipilih selerannya yang mana.  

 

Makanan menyegarkan satu ini sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia, khususnya yang tinggal di daerah perkotaan. Pasalnya setiap sudut kota ada penjual minuman ini. Selain cocok dinikmati di siang hari yang terik, bisa dinikmati kapan aja selagi kios masih buka. Buka jam 10 pagi tutup kadang jam 8 malam.


Kesehatan sekarang ini merupakan hal yang sangat dijaga dan sangat penting oleh semua orang. Kita sebagai manusia bisa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, yang sudah diberikan alam kepada kita.

 

Berikut ini adalah buah-buahan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari yang mempunyai khasiat tinggi untuk kesehatan kita.

 

1. Alpukat:
(Lemak sehat oleat (omega9),vitamin e, zat besi, tembaga, kalium, serat,asam folat dan vitamin b6). Membantu pembentukan sel darah merah, melembutkan dan mengencangkan kulit melalui pembentukan kolagen, memcegah anemia, membentuk reaksi basa sehingga kekebalan tubuh meningkat, mengendalikan kadar kolesterol jahat dan menikan kadar kolesterol baik (HDL),  membantu meringankan luka lambung dan radang usus besar.

 

2. Anggur
(Gula alami levilosa, magnesium, fruktosa, zat besi dan aneka antioksidan). Meningkatkan fungsi ginjal dan pencernaan, memacu proses pembuangan racun dalam hati, memperbaiki kekebalan tubuh, membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia, penyedia energi, memacu peremajaan sel.

 

3. Apel
(Serat dan pektin, vitamin c, kuersetin). Pembersih racun dalam usus, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah flu dan penyakit infeksi lainnya, menjaga kesehatan mata, mengendalikan tekanan darah dan kadar gula darah, mengurangi resiko stroke dan serangan jantung, menurunkan risiko kanker, untuk mengatasi diare maupun sembelit.

 

4. Jambu biji
(vitamin c, kalium, kalsium, fosfor, sulfur, klorin, pektin). Menaikan kekebalan tubuh, menggiatkan sistem limfatik dan mengatasi kanker, mencegah keropos tulang dengan cara membantu penyerapan mineral.

 

5. Jeruk lemon
(Bioflavonoid, terpen, limonen, kalium, magnesium, kalsium, fosfor, tembaga, zat besi, vitamin c dan vitamin b1). Menggiatkan fungsi hati dan ginjal untuk membuang racun, mengaktifkan fungsi otak, membuat rileks, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi flu dan demam, memperkecil risiko kanker.

 

6. Kiwi
(Vitamin c, serat dan pektin, betakoroten,vitamin e, kalium). Mengendalikan hipertensi, mengurangi resiko stroke dan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi anemia.

 

7. Mangga
(Gula buah, asam lagat, vitamin c, betakaroten). Memperbaiki pencernaan, menggiatkan fungsi pemberaihan racun dalam tubuh , menyuautkan resiko stroke dan serangan jantung, meredakan bau badan.


8. Pisang
(Serat dan pektin, kalium, gula buah mudah cerna). Memperbaiki pencernaan (makanan alami bagi bakteri di dalam usus besar), mengatasi sembelit dan diare serta gangguan lambung, meredakan tekanan darah tinggi, memulihkan kesehatan sehabis sakit, menyusutkan resiko stroke dan jantung.

 

9. Semangka
(kalium, natrium, betakaroten, sitrulin). Meningkatkan kekebalan tubuh lewat kemampuannya sebagai pembentuk basa, memacu pembuangan racun dalam tubuh, menggiatkan peremajaan sel.

 

10. Tomat
(vitamin c, betakaroten, lutein, likopen, asam kumarat, serat dan pektin). Meningkatkan peremajaan sel, menurunkan resiko kanker dan membantu mengatasi kanker, menggiatkan fungsi hati, dapat menggagalkan pembentukan kerak lemak pada dinding pembulu darah.

 

11. Stroberi
Setengah gelas (125 ml) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tetapi stroberi tetap mempunyai manfaat banyak bagi tubuh. Selain vitamin C, stroberi juga mengandung antosianin dan asam ellagic.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi stroberi dapat membantu mencegah Anda dari kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit saraf. Buah stroberi kaya akan antioksidan dan juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, mangan, fluor, zat besi, dan iodium, yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

 

12. Nanas
Sebesar 39-49 gram vitamin C terkandung dalam setengah gelas (125 ml) buah nanas. Tidak berbeda jauh dengan kandungan vitamin C yang ada dalam buah stroberi. Selain vitamin C, buah nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. Bromelain merupakan enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung, serta juga dapat bertindak sebagai antiperadangan. Buah nanas juga mengandung vitamin B kompleks dan vitamin A dalam jumlah sedikit.

 

13. Pepaya
Setengah buah pepaya mengandung kurang lebih 94 mg vitamin C. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Berdasarkan penelitian, konsumsi buah pepaya dapat membantu mencerahkan kulit dan memperkuat tulang Anda. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya.

Selain vitamin C, buah pepaya juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin B kompleks (seperti asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1), kalium, dan kalsium. Karena kandungannya ini, tentu pepaya memberi manfaat bagi tubuh, seperti untuk memperlancar pencernaan (serat), menjaga kesehatan kulit dan mata (vitamin A), membantu metabolisme tubuh (vitamin B kompleks), dan mengontrol tekanan darah (kalium).

 

14.  Naga Merah
Manfaat untuk kesehatan lainnya. Buah naga merah mengandung banyak vitamin C dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Buah ini juga merupakan sumber potasium dan fosfor yang baik, serta mineral lain dan vitamin B kompleks. Buah naga merah kaya akan protein, antioksidan (dari betacyanins), likopen, dan karoten.

 

 

Pada dasarnya, tak sedikit di antara masyarakat luas belum mengetahui secara keseluruhan apabila buah-buah, mengandung Vitamin dan Zat sudah terbukti sangat baik untuk hidup sehat dan secara keseluruhan memiliki Nutrisi yang baik untuk diserap oleh tubuh kita bukan hanya mengoptimalkan tapi menghasilkan tenaga didalam tubuh agar tidak mudah lemas dan lesu.