Speaker atau headphone, lebih baik yang mana?

Suara merupakan satu dari sekian komponen penting dalam memainkan sebuah game, baik komputer atau mobile. Tanpa hal itu, maka permainan akan terasa hambar seperti mencicipi masakan tanpa bumbu penyedap.

Speaker atau headphone, lebih baik yang mana?

Biasanya, untuk mendengarkan suara entah musik atau nge-game, orang akan memilih satu di antara dua, antara lain speaker atau headphone. Secara fungsi, keduanya sama.

Dari segi kualitas, keduanya sangat berbeda. Jadi, penggunaannya beda juga lho.

Mari kita bahas dari speaker dulu.

MAU TAHU Speaker keren buat kamu yang doyan dengerin musik

Nah, ketika kamu mendengarkan speaker jenis stereo, kamu akan mendengarkan suaranya dengan dua telingamu. Tapi sayangnya, suara yang terdengar akan lebih kecil meski dipasang dengan volume yang standar.

Satu lagi, jika dinyalakan di dalam ruangan tertutup, suara yang dihasilkan oleh speaker akan dipantulkan balik. Alhasil, kamu akan mendengar dua suara sekaligus, yakni suara speaker karena kamu berada di dekatnya, dan suara kecil dari hasil pantulan suara di dinding.

Nah, headphone justru lebih unggul jika berada di dalam ruangan. Suara stereo yang dihasilkan akan jauh lebih keras dan bersih. Kualitas suara juga telah disesuaikan antara telinga kiri dan kanan, tentunya itulah yang terdengar di kepalamu saat menggunakan headphone.

Keunggulannya bertambah ketika berada di dalam ruangan akustik yang dapat meresap pantulan suara, bahkan jauh lebih baik. Setidaknya, itu yang terjadi ketika kamu berada di ruangan yang amat sangat tenang, maka suara berisik kecil tidak akan terdengar sama sekali.

Meski memikiki kualitas peredaman dan mampu mengisolasi suara, namun bukan berarti suara berisik di sekitar akan hilang sama sekali. Jika menggunakan volume yang kecil, maka gangguan suara dari mesin pesawat, kereta, bus atau mobil akan selalu ada, dan mengiringi suara musik dari headphone.

BACA JUGA MENGENAL LEBIH DALAM IPHONE 11, IPHONE 11 PRO DAN IPHONE 11 PRO MAX

Hal yang sama juga masih akan terjadi jika volume suara disetting standar, di mana suara gangguan lainnya tetap akan mengganggu penggunaan headphone. Maka tidak heran, banyak orang yang lebih memilih mengeraskan suara headphone jika berada di luar.

Namun, tindakan itu justru berisiko terhadap kesehatan pendengaran untuk jangka panjang.

Ini pernah saya rasakan saat berada di dalam kereta, atau di tengah keramaian, misalnya di jalanan. Saya akan merasa fokus terhadap musik yang didengar memalui headphone jika dengan volume sedikit lebih keras, lebih jernih dan lebih enak dinikmati.

Lain halnya jika berada di dalam rumah. Saya justru memilih untuk menyalakan speaker, di mana saya merasa lebih santai. Sedangkan jika menggunakan headphone, saya merasakan detil dari musik atau suara yang didengar.

Baik speaker maupun headphone, harga menentukan kualitas. Kamu bisa mendapatkan headphone dengan kualitas suara lumayan dengan harga sekitar 100 ribuan. Tapi, untuk mendapatkan yang lebih baik, kamu harus merogoh kocek yang sangat dalam.

Nah, kalau kamu sendiri lebih cinta yang mana?

(CNET)