Tips Belanja Online Aman dan Nyaman ala Ayoomall

Semakin maraknya kehadiran online marketplace dan toko online membuat aktivitas belanja online juga semakin digemari. Mulai dari remaja, dewasa, karyawan, hingga ibu rumah tangga bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk beranjak dari satu marketplace ke marketplace lainnya.

Tips Belanja Online Aman dan Nyaman ala Ayoomall

Semakin maraknya kehadiran online marketplace dan toko online membuat aktivitas belanja online juga semakin digemari. Mulai dari remaja, dewasa, karyawan, hingga ibu rumah tangga bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk beranjak dari satu marketplace ke marketplace lainnya. Dengan belanja online, Anda memang bisa dengan mudah membeli barang, membandingkan harga, hingga mencari kualitas terbaik. Meski begitu, sama halnya seperti aktivitas dunia maya lain, belanja online juga tak lantas bebas risiko. Tidak ada yang tahu apakah transaksi dan interaksi online yang Anda lakukan memang benar-benar aman. Itu sebabnya, tingginya minat belanja online juga kerap dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Agar Anda bisa berbelanja dengan aman dan nyaman, ini tips-tips yang bisa dilakukan:

 

1. Membayar dengan Mobile Payment di Smartphone


Membayar belanjaan online melalui smartphone kini memang sudah umum dilakukan. Bahkan, pembayaran melalui smartphone juga disebut-sebut lebih aman ketimbang pembayaran menggunakan kartu kredit. Biasanya, pembayaran belanja online menggunakan mobile payment dilakukan dengan mengirimkan sebuah kode otentikasi yang harus digunakan untuk meresmikan pembayaran yang akan dilakukan. Karena kode ini hanya bisa diterima oleh Anda sebagai konsumen belanja, risikonya untuk bocor dan diketahui orang lain pun akan semakin kecil. Tak hanya itu, pembayaran melalui mobile payment juga menghindarkan Anda dari keharusan memberikan informasi kartu kredit ke website online marketplace.


2. Garansi Resmi Adalah Kunci

Image result for Garansi Resmi
Membeli barang seperti peralatan elektronik, komputer, atau kamera memang mudah dilakukan lewat belanja online. Selain bisa lebih leluasa membandingkan harga, Anda juga bebas mengecek spesifikasi secara detail. Namun, karena harganya yang mahal, banyak pihak tak bertanggung jawab kerap menjadikan kategori barang-barang tersebut untuk melakukan penipuan. Saat Anda sudah membayar mahal, bisa jadi barang yang diterima justru tak sesuai ekspektasi. Oleh karena itu, membeli barang di toko onlin terpercaya yang menyediakan jaminan garansi resmi penting untuk dilakukan. Dengan begitu, risiko penipuan atau barang rusak bisa diatasi.


3. Belanja di Website Terpercaya

Image result for Terpercaya
Berbelanjalah di situs-situs belanja online yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Anda juga bisa meminta rekomendasi dari orang yang Anda percayai, atau memilih tempat belanja online yang direkomendasikan melalui endorsement. Sebuah situs belanja online yang terpercaya biasanya memang menggunakan endorser atau bahkan brand ambassador untuk mempromosikan situsnya. Beberapa ciri-ciri toko online yang terpercaya yakni prosedur belanja yang jelas, sistem pembayaran yang juga jelas, hingga adanya review baik dari para konsumen sebelumnya. Untuk menghindari kejahatan, tak ada salahnya berbelanja di online marketplace karena kriteria penjualnya pun sudah diseleksi dengan lebih ketat.


4. Hindari Belanja Online dengan Melalui Website yang Tidak Memiliki SSL

Image result for SSL
Jangan pernah berbelanja secara online menggunakan kartu kredit Anda di situs yang tidak memiliki SSL (Secure Sockets Layer). Anda akan mengetahui jika sebuah situs memiliki SSL, karena situs itu akan berawalan HTTPS, bukan hanya HTTP. Tak hanya itu, saat membuka website dengan SSL, biasanya juga akan muncul ikon gembok terkunci di sebelah kiri URL pada address bar aplikasi browser Anda. Dengan berbelanja di situs atau toko online yang memiliki SSL, keamanan transaksi Anda pun bisa menjadi lebih terjamin.

 

Dengan tingginya risiko kejahatan di dunia belanja online, tak ada salahnya Anda berbelanja melalui online marketplace seperti Ayoomall.com. Selain telah memiliki reputasi dan nama besar, online marketplace juga menerapkan aturan dan kriteria ketat bagi para seller yang bergabung. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko ditipu oleh penjual atau mendapatkan kualitas barang yang mengecewakan. Tak hanya itu, dengan belanja online di marketplace, Anda juga berkesempatan mendapatkan diskon, cashback, hingga berbagai promo menarik lainnya. Yuk, selalu berhati-hati saat melakukan aktivitas belanja online!