Tips Hemat Listrik

Tips dan Trik Hemat Listrik - Punya Token atau Tagihan Listrik Sering Naik ? Jika kita puny token atau tagihan listrik sering naik dan ingin agar hemat listrik,  segera atasi dengan membaca tips dan trik dari saya.

Tips Hemat Listrik
(Sumber Gambar: Luisf gomez)
Tips Hemat Listrik
Tips Hemat Listrik
Tips Hemat Listrik
Tips Hemat Listrik
Tips Hemat Listrik

 

Tentu anda tidak mau jika keuangan anda terganggu karena tagihan atau teken listrik anda sering naik. Sebab, jika keungan anda terganggu akan membuat anda pusing tujuh keliling mengantur keuangan anda. Bagaimana caranya? Ada beberapa tips untuk itu, diantarannya:

 

1. Mengatur Penggunaan Lampu.

Cara yang paling mudah untuk menghemat listrik adalah mematikan lampu bila tidak terpakai.  Cara ini sepertinya sering dianggap remeh oleh banyak orang. Atau banyak orang yang sering lupa, mematikan lampu bila tidak terpakai. Ini sebabnya mengapa tagihan atau token anda sering membengkak naik.


(Sumber Gambar: Adha)

 

2. Ganti Lampu Pijar Dengan LED.

Mulailah mengganti lampu pijar dengan lampu neon atau Light Emiling Diode (LED). LED sendiri adalah semi konduktor yang dapat merubah energi listrik menjadi cahaya  pada saat media tersebut dialiri oleh listrik. Intinya LED akan menjadi bercahaya jika ada arus listrik yang melewatinya.

 

Nah itulah sekilas pembahasan mengenai LED, sedangkan lampu LED sendiri adalah lampu yang sumber cahayanya berasal dari kumpulan LED sehingga dapat digunakan sebagai sarana penerangan. Karena Lampu neon atau LED membutuhkan daya yang lebih kecil daripada lampu pijar.


(Sumber Gambar: Suara)

 

Salah satu keuntungan dari menggunakan lampu LED adalah dari segi konsumsi energinya yang cenderung lebih rendah sehingga mampu menghemat energi. Jadi buat anda yang ingin mengurangi biaya tagihan listrik yang, mungkin tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk beralih menggunakan lampu berjenis LED. Sebab, lampu jenis ini memiliki daya pemakaian listrik yang sangat kecil loh, dengan Watt-nya yang cenderung rendah, pastinya akan membuat tagihan listrik anda akan jauh lebih bersahabat disetiap bulannya.

Oleh karena itu jangan heran jika lampu LED disebut-sebut dapat menghemat pemakaian energi listrik hingga 90 persen loh.

 

3. Cabut Steker Listrik Jika Tidak Terpakai.

Jangan biarkan colokan listrik menancap terus menerus di terminal listrik. Selain beresiko merusak perelatan elektronik, steker listrik yang menancap juga mengkomsumsi listrik secara terus menerus. Kadang kita lupa atau berasumsi, kalo Steker tidak terpakai dibiarkan tetep dicolok di terminal listrik, tidak berpengaruh kepada tagihan listrik. Padahal kalo tidak dicabut, arus tetap jalan dan berpengaruh kepada tagihan listrik kita. Jadi, kalo colokan sudah tidak terpakai, lebih baik untuk mencabut satu persatu Stekernya dari terminal jika sedang tidak terpakai.   


(sumber Gambar: Beres)

 

4. Atur Pemakain Alat Elektronik Berdaya Besar.

Selain mengatur penggunaan lampu, anda juga bisa mengatur penggunakan alat-alat listrik lainnya yang sering dipakai oleh anda. Misalnya Mesin cuci dipakai seminggu sekali, cabut steker dispenser atau optimalkan air dingin dari lemari es saja.

 


(Sumber Poto: Solar Mio)

 

Atur suhu lemari es sesuai kebutuhan, karena semakin dingin semakin  besar pula energi listrik yang digunakan. Usahakan menanak nasi pada saat mendekati waktu makan. Gunakan Pompa air apabila air didalam bak penampungan sudah hampir habis. Atur panas setrika sesuai dengan jenis bahan pakain anda.

 

5. Gunakan Alat Elektronik Hemat Energi

Gunakan alat elektronik berdaya kecil tentu akan menggurangi pemakaian listrik anda. Salah satu hal yang dilakukan untuk menghemat biaya listrik adalah mengatur pemakaian listrik terutama pada elektronik berdaya besar. Jenis elektronik berdaya besar antara lain Air Conditioning (AC), mesin cuci, water heater, rice cooker atau magic com, pompa listrik, dan sebagainya.

 

  
(sumber Gambar: fortistci)

 

Anda bisa mengurangi penggunaan daya listrik pada mesin cuci dengan cara mengubah jadwal mencuci pakaian dari tiga kali seminggu menjadi sekali dalam seminggu. Anda juga bisa mengurangi penggunaan pompa listrik dengan memberi wadah tampung air sehingga tidak perlu menyalakan listrik tiap akan mengalirkan air.

 

Jika anda sudah melakukan tips saya diatas hebat listrik, maka besar kemungkinan tagihan listrik anda akan turun anda akan kembali pulih dengan semestinya. Saya akhiri sampai disini tips singkat saya mengenai hebat listrik, Semoga artikel yang sangat singkat ini dapat membantu anda untuk mengatasi permasalahan tagihan atau token listrik anda. Semoga bermanfaat bagi anda. Sekian. Terima Kasih.