Tips Memilih Tablet Android Untuk Gamer

Tablet Android merupakan gadget yang sedang banyak digemari oleh masyarakat belakangan ini. Hal tersebut disebabkan tablet membawa fungsionalitas yang lebih besar dari ponsel namun memiliki ukuran yang lebih kecil daripada notebook.

Tips Memilih Tablet Android Untuk Gamer
(sumber Gambar: Bp Guide)

 

Perangkat tablet sendiri mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat sejak smartphone begitu tren di kalangan masyarakat, akan tetapi ada beberapa tips yang harus kalian perhatikan supaya tidak kecewa ketika Tablet sudah di tangan anda.

Berbagai Jenis Tablet dikeluarkan oleh vendor yang berbondong-bondong mengeluarkan berbagai macam jenis, mulai tablet kelas atas hingga tablet Android murah. Kebanyakan mengusung sistem operasi Android.

Pertama, perlu jadi pertimbangan adalah mengenai kesesuaian antara harga dan spesifikasi yang diusung tablet Android. Spesifikasi di sini yang paling penting berupa prosesor (CPU) dan memori yang diusungnya.

Dalam sebuah tablet Android prosesor (CPU) adalah hal terpenting yang akan memberikan kualitas lebih di mana semakin tinggi kecepatan prosesor itu artinya makin memungkinkan tablet Android tersebut untuk mengerjakan hal yang berat seperti bermain game-game berat, merekam video HD, dan sebagainya.

Tablet bukan hanya sekedar untuk membantu dalam hal pekerjaan belaka, banyak sekali yang beredar di pasaran yang mengusung spesifikasi mapan serta fitur pendukung yang begitu komplit. Mulai dari fitur kamera, Wi-Fi, proyektor sampai dengan fitur yang tidak bisa kita prediksi dari sebelumnya bisa kita dapatkan di dalam tablet android tersebut.

Tablet bukan hanya digemari oleh para pekerja kantoran yang akrab dengan aktivitas mobile dalam kesehariannya, tablet kini semakin digemari para pecinta gaming di seluruh dunia dan tentunya tanah air kamera kemampuannya yang begitu apik dan mantap membuat para pecinta game kini beralih untuk memilih tablet ketimbang perangkat game lainnya. Banyak alasan yang begitu kuat sehingga mendorong semakin banyaknya pecinta gaming berpindah ke perangkat tablet.

Namun bagaimana cara memilih tablet gaming yang tepat dan baik.

Jika anda saat ini memiliki rencana untuk membeli tablet dengan kemampuan memainkan game yang baik maka anda bisa mempertimbangkan berbagai spesifikasi yang diusung oleh perangkat gadget tersebut seperti beberapa tips yang kami ulas berikut di bawah ini.

 

1. Memori RAM dan Internal

Hal yang mungkin salah satu yang paling utama dalam memilih sebuah tablet gaming adalah Sektor RAM dan ROM. Sangat berpengaruh dalam berjalannya sebuah game di perangkat tablet.

Semakin besar kapasitas RAM dan ROM, maka makin apik pula kinerja sistem yang berjalan. Pilihlah tablet android minimal RAM 2GB untuk game bergenre HD. Tapi, untuk kapasitas RAM 1 GB pun bisa dibilang cukup.

 

2. Prosesor dan Hardware Grafis

Hal utama dalam memilih sebuah tablet gaming yang handal adalah dengan mengecek bagian prosesor yang dipakai oleh tablet tersebut. Bukan hanya prosesornya saja, sisi grafis pun berpengaruh.

Mesin GPU yang sudah teruji apik di antaranya Adreno 205, PowerVR SGX540, Nvidia GeForce dan yang di atasnya. Untuk mendukung game berkapasitas besar macam Full HD atau HD setidaknya kita dapat clock speed minimal 1GHz.

 

3. Resolusi Layar/Display

Meskipun kurang begitu dominan namun tetap menjadi bahan utama dalam memilih tablet yang berkualitas. Sebelum membeli tablet pastikan juga melihat seberapa besar resolusi layar yang dihasilkan dari tablet tersebut.

Bila resolusinya makin tinggi maka tampilan gambar dalam game menjadi lebih detil, lebih nyata. Untuk mendapatkan performa yang baik pilih tablet dengan resolusi mininal HD 720p.

 

4. Kapasitas Baterai

Bisa dikatakan salah satu faktor dominan yang sangat perlu untuk diperhatikan sebelum anda menjatuhkan hati terhadap sebuah tablet yang hendak ingin anda beli. Tablet gaming biasanya membutuhkan power yang begitu besar dan tentunya awet tahan lama.

Untuk bermain game dibutuhkan kapasitas baterai yang besar, mengingat fitur game bisa dibilang lebih menguras daya dibanding menjalankan aplikasi lainnya.

Pilihlah tablet yang memiliki kapasitas baterai yang tergolong besar. Disarankan untuk tablet game setidaknya 4000-5000 mAh.

 

 

Mungkin itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk memilih tablet gaming dengan performa yang handal dan tentunya berkualitas. Jika sudah siap untuk berburu tablet yang anda inginkan maka segeralah untuk berburu sekarang juga dan tentunya sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda.

 

Cari tablet murah terbaik? Cek dan temukan harga terbarunya di sini.