Yuk Laporkan Situasi Banjir Di Tempat Kamu di PetaBencana.id

Buat kamu yang ingin menginformasikan atau mau tahu lokasi yang tidak tergenang air, kamu bisa membuka laman PetaBencana.id.

Yuk Laporkan Situasi Banjir Di Tempat Kamu di PetaBencana.id
Banjir di kawasan Serpong, sejumlah mobil terseret arus air

Banjir langsung mewarnai kawasan Jakarta dan daerah sekitarnya tepat setelah malam pergantian tahun berakhir. Hujan deras yang berlangsung sejak 31 Desember 2019 dan berakhir pada siang hari tanggal 1 Januari 2020 telah menyebabkan banjir di sejumlah wilayah ibu kota.PetaBencana.id menampilkan peta dengan disertai label berwarna sesuai tingkat keparahan banjir yang terjadi di wilayah bersangkutan.

Genangan air ada di mana-mana, bahkan membuat sejumlah akses jalan tertutup dan menyulitkan warga untuk beraktivitas. Nah, buat kamu yang ingin menginformasikan atau mau tahu lokasi yang tidak tergenang air, kamu bisa membuka laman PetaBencana.id.

PetaBencana.id menampilkan peta dengan disertai label berwarna sesuai tingkat keparahan banjir yang terjadi di wilayah yang terendam air. Situs akan menampilkan informasi tentang banjir di daerah tersebut, termasuk lokasi persisnya, ketinggian air, dan update terakhir.

Untuk membedakan ketinggian air, laman ini menyajikannya dalam bentuk warna, yang antara lain merah artinya Siaga 1 dan tinggi banjir di atas 150 cm, jingga artinya Siaga 2 dan tinggi banjir sekitar 71 cm hingga 150 cm.

Lalu Siaga 3 bertanda kuning yang artinya tinggi banjir antara 10 cm hingga 70 cm. Lalu yang terakhir, Siaga 4 bertanda hijau yang artinya Anda diminta berhati-hati.

Selain itu, kamu juga bisa melapor lewat aplikasi Qlue, PasangMata, dan Z-Alert lewat fitur yang tertera pada masing-masing aplikasi. PetaBencana.id merupakan proyek kolaborasi antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pacific Disaster Center, dan Humanitarian OpenStreetMap Team.